Arab Saudi Wajibkan Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Haji Tahun Ini

  • Whatsapp
Jemaah menjaga jarak sosial saat melakukan Tawaf di Makkah, Arab Saudi, (31/8/2020). Foto: Saudi Ministry of Media/Handout via REUTERS

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah Arab Saudi menyatakan, vaksin COVID-19 menjadi salah satu syarat Haji tahun ini.

Sebagaimana dilansir dari The National News, Kementerian Kesehatan Arab Saudi memutuskan bahwa hanya jemaah yang sudah divaksin COVID-19 saja yang diizinkan mengikuti haji tahun ini.

Berita Lainnya

“Vaksin COVID-19 wajib bagi mereka yang hendak menjalani ibadah haji sekaligus akan menjadi syarat utama (untuk mengantongi izin masuk),” bunyi laporan tersebut, mengutip surat edaran yang ditandatangani menteri kesehatan, Rabu (3/3/2021).

Seorang juru bicara kementerian kesehatan di Makkah mengatakan kepada The National, bahwa memo internal dari Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa semua tenaga medis dan relawan yang ingin bekerja selama haji tahun ini juga harus divaksinasi.

Arab Saudi berencana untuk memvaksinasi 70 persen dari populasinya pada akhir 2021.

Pada 2020 lalu, kerajaan Arab Saudi secara dramatis memangkas jumlah jemaah menjadi sekitar 1.000 orang guna membantu mencegah penyebaran virus corona, setelah melarang jemaah dari luar negeri untuk pertama kalinya di zaman modern.

Haji, kewajiban seumur hidup sekali bagi mereka yang mampu, merupakan sumber utama pendapatan pemerintah Arab Saudi.

Kepadatan jutaan jemaah dari seluruh dunia mungkin saja akan menjadi pusat transmisi virus. Di masa lalu para jemaah kembali ke negara masing masing dengan penyakit pernapasan dan penyakit bawaan lainnya. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *