Arah Partai Amanat Nasional: Antara Zulhas dan Amien Rais

  • Whatsapp
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Melalui akun instagram @aminraisofficial, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan tanggapan terkait akan bergabungnya PAN ke koalisi Jokowi-Maruf Amin. Video yang diunggah pada Jumat (5/7/2019) tersebut Amien Rais mengingatkan agar petinggi PAN tidak rabun ayam, hanya dengan tawaran satu kursi lalu tidak mendengarkan 10 juta suara akar rumput PAN.

“Akhir-akhir ini banyak kontroversi apakah PAN sebaiknya bergabung dengan Pak Jokowi atau di luar. Nah, dengarkanlah nasihat saya, jangan kita rabun ayam, hanya karena satu kursi kemudian kita bergabung, kemudian bagaimana pendapat opini yang hampir sekian, hampir 10 juta pemilih kita itu” kutipan dari video Amien Rais.

Muat Lebih

Sikap PAN memang gamang, semenjak kemenangan Jokowi-Jusuf Kalla 2014 silam, oposisi setengah hati dan ketika bergabung dengan pemerintah pasca kepemimpinan Zulkifli Hasan pada bulan September PAN resmi masuk koalisi pemerintah, namun tetap koalisi setengah badan. Terlihat dari beberapa usulan Undang-undang dari pemerintah yang PAN menolaknya.

Sosok Amien Rais memang tidak bisa dipisahkan dari PAN, Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) tersebut sering bersebrangan dengan ketua umum PAN Zulkifli Hasan. Berbagai kebijakan partai, dua gelombang besar sulit untuk satu wacana, terutama terkait sikap kepada pemerintahan Jokowi.

Bagaimanapun saham Amien Rais di PAN sangat besar, terlihat dari penempatan anak-anaknya di internal pengurus partai. Ketua fraksi DPR-RI 2014-2019 merupakan anaknya, Hanafi Rais. Ikatannya dengan Zulhas juga kuat, karena keduanya adalah besanan. Anak perempuan Zulhas adalah istri dari anak Amien Rasi, maka sulit untuk memisahkan keputusan Zulhas dan Amien Rais secara politik.

Tetap tegak lurus di oposisi rasanya sulit untuk ditempuh oleh PAN, terlihat dari pernyataan-pernyataan elitnya yang mengarah pada koalisi. Manuver Amien Rais dengan titik tekan satu kursi dan 10 juta suara bertujuan untuk menaikan daya tawar PAN, yang dirasa Amien tidak layak hanya mendapatkan satu kursi. Posisi PAN sudah bisa dipastikan akan bergabung dengan Jokowi, tingga tawaran dan permintaan yang pas antara PAN dan koalisi Jokowi. (TRA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *