Internasional

Armada Jepang Tangkap 177 Ekor Paus di Pasifik

Paus yang ditangkap armada Jepang. (Foto: AFP)

Tokyo: Sebuah armada kapal pemburu ikan paus Jepang menangkap 177 minke dan paus sei selama tur tiga bulan di Pasifik barat laut. Penangkapan itu diumumkan pemerintah pada hari ini. 

Misi tiga kapal itu kembali ke pelabuhan saat Tokyo bersiap menghadapi kasus atas kelanjutan perburuan paus komersial pada pertemuan Komisi Perburuan Ikan Paus Internasional (IWC) di Brasil, bulan depan.

Selama misi 98 hari terakhir, kapal menangkap 43 ekor paus minke dan 134 paus sei, kata Badan Perikanan Jepang dalam sebuah pernyataan.

Tekanan asing terhadap Jepang supaya menghentikan perburuan paus hanya membuat para pakar konservasi dan politisi lebih tegas melanjutkan dorongan mereka untuk meneruskan perburuan paus komersial.

Ini masalah pelik yang langka dalam diplomasi Tokyo yang ramah.

"Data yang dikumpulkan selama misi ini akan dianalisis, bersama hasil dari program penelitian pesisir," kata lembaga itu, seperti dikutip dari AFP, Rabu 22 Agustus 2018.

Data "akan dipresentasikan kepada komite ilmiah IWC, dan akan meningkatkan pengetahuan ilmiah untuk melestarikan dan mengelola sumber daya cetacean (dari jenis ikan paus)."

Misi terbaru menjadi bagian dari proyek 12 tahun guna mempelajari jumlah, pola makan, dan biologi paus yang ingin dianalisis Jepang demi mendukung klaimnya bahwa paus tertentu tidak terancam punah dan dapat ditangkap untuk dikonsumsi.

Jepang merupakan penandatangan moratorium perburuan ikan paus. Tetapi mengeksploitasi celah yang memungkinkan paus diburu atas nama penelitian ilmiah.

Tidak ada rahasia tentang fakta bahwa daging dari ekspedisi ini berakhir di meja makan. Meskipun ada penurunan signifikan dalam popularitas daging ikan paus.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close