Arsul Sani: Jenderal Tito Sidik Saja Rusuh Papua Ungkap Siapa Dalangnya

  • Whatsapp
Anggota Komisi III DPR Arsul Sani 

INDOPOLITIKA- Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengkritik pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang mengungkap dugaan adanya pihak asing yang ikut bermain di dalam isu Papua hingga menyulut kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat beberapa waktu lalu.

Dia menegaskan, kepolisian tak boleh mengungkapkan pernyataan yang tidak mempunyai dasar hukum yang jelas.

Baca Juga:

“Kalau penegak hukum, tidak boleh seperti itu. Yang boleh seperti itu kan politisi. Tidak boleh dia menyampaikan pernyataan seperti itu tapi kemudian tidak jelas kebenarannya,” kata Arsul saat dijumpai di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Ketimbang mengumbar dugaan-dugaan tak berdasar, Arsul menyarankan kepada Jenderal Tito lebih baik menyelidiki saja dugaan itu. Toh langkah penyelidikan itu merupakan domain utama dari Polri.

“Jadi selidiki saja secara tuntas. Ungkap siapa dalangnya. Dan kalau itu kemudian bisa diproses hukum, harus ditingkatkan ke penyidikan,” ucap Arsul.

Setelah proses hukum itu semua dilakukan, Jenderal Tito bisa menyampaikan hasil investigasinya dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, agar masyarakat tidak bingung dan membuat kesimpulan yang tak berdasar.

“Pak Kapolri ini kan pimpinan lembaga penegak hukum, sehingga tidak kemudian pernyataan-pernyataan seperti itu menguap begitu saja,” tandasnya.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *