Internasional

AS Sebut Suriah Tak Sengaja Tembak Pesawat Rusia

Pesawat pengintai seri IL milik Rusia. (Foto: AFP)

Washington: Amerika Serikat menyebut pasukan Suriah secara tak sengaja menembak jatuh sebuah pesawat pengintai Rusia yang berisi 14 kru. Pesawat itu dikabarkan "menghilang dari radar" dalam sebuah misi di Latakia.

Beragam laporan berbeda bermuncul mengenai siapa yang menembak jatuh pesawat itu. Namun AS mengklaim pesawat itu ditembak jatuh artileri milik Suriah.

Kantor berita CNN mengutip keterangan tersebut, Senin 17 September 2018, dari "seorang pejabat AS yang mengetahui mengenai insiden."

Pernyataan singkat dari Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pesawat itu, berjenis IL-20, "menghilang dari radar" saat terjadi pertempuran di kota Latakia.

Rusia sebelumnya mengatakan telah mendeteksi peluncuran misil dari kapal perang Auvergne milik Prancis, yang terjadi di waktu yang bersamaan saat empat pesawat jet tempur F-16 Israel menyerang beberapa target Suriah.

Pertahanan udara Suriah diaktifkan saat sejumlah misil terdeteksi datang dari arah laut.

"Setelah insiden radar, 35 kilometer dari pesisir Suriah, sebuah pesawat Rusia Il-20 hilang, dengan 14 kru di dalamnya. Saat ini, nasib mereka belum diketahui. Komando Pangkalan Udara Khmeimem sedang melakukan operasi pencarian dan penyelamatan," ungkap pernyataan Kemenhan Rusia.

CNN melaporkan bahwa AS mengenai insiden ini karena pasukan Suriah menyiarkan seruan operasi pencarian dan penyelamatan di radio melalui frekuensi internasional.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close