Internasional

AS Siap Negosiasi Lagi soal Denuklirisasi Korut

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Washington: Menteri :Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyambut baik komitmen yang dibuat Korea Utara (Korut) selama pertemuan puncak dengan Korea Selatan, kemarin.

"AS menyatakan siap memulai kembali perundingan dengan Korut demi mencapai denuklirisasi pada Januari 2021," kata Pompeo, dikutip dari AFP, Kamis 20 September 2018.

Ia mengaku telah mengundang salah satu pejabat Korut untuk bertemu di New York, pekan depan, di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pernyataan ini muncul setelah pemimpin Korut Kim Jong-un setuju untuk berkunjung ke Seoul dan segera menutup tempat uji coba rudal.

"Atas dasar komitmen penting ini, AS siap untuk terlibat dalam negosiasi untuk mengubah hubungan AS-Korut lebih baik lagi," ujar dia.

Adapun beberapa hal penting disepakati oleh Kim dan Presiden Moon Jae-in adalah: 
 
1. Kedua pemimpin sepakat untuk menjadikan Semenanjung Korea menjadi 'Wilayah damai tanpa senjata nuklir dan ancaman nuklir.'
 
2. Korea Utara setuju untuk 'secara permanen' membongkar fasilitas rudal utama di hadapan pengamat asing.
 
3. Korea Utara setuju untuk membongkar kompleks nuklir Nyongbyon utamanya jika AS mengambil tindakan yang korespondensi yang belum ditentukan hingga saat ini.
 
4. Kim Jong-un pun mengatakan dia ingin mengunjungi Seoul 'dalam waktu dekat'. Jika terjadi, ini akan menjadi kunjungan pertama oleh seorang pemimpin Korea Utara ke ibu kota Korea Selatan.
 
5. Kedua pihak juga sepakat untuk menjadi tuan rumah bagi Olimpiade Musim Panas 2032.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close