Internasional

ASEAN Berkomitmen Lindungi HAM Lewat AICHR

AMM di Singapura. (Foto: Dok. Kemenlu).

Singapura: Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan seluruh negara anggota ASEAN sepakat untuk mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia (HAM) lewat ASEAN Intergovernmental Commision on Human Rights (AICHR).

"Semua negara sepakat dan memiliki komitmen tinggi untuk mempromosikan dan melindungi masalah HAM," ucapnya kepada awak media usai pertemuan menteri luar negeri ASEAN di Singapura, Jumat 3 Agustus 2018.

Dia mengatakan pembahasan mengenai dana untuk AICHR juga disampaikan dalam pertemuan antara menteri luar negeri ASEAN tersebut. Retno mengungkapkan dengan pendanaan yang cukup, maka kinerja AICHR juga semakin baik.

"Kita bicara mengenai dana AICHR, karena work plan AICHR ini juga sudah direncanakan sehingga disampaikan dan rencana tersebut dapat ditindaklanjuti," ungkap dia.

Sebelumnya, para menlu melakukan pembicaraan dengan AICHR. Indonesia menyampaikan pentingnya kegiatan AICHR untuk terus dikedepankan dan diperkuat.

"Kita selalu menyampaikan bahwa dukungan sangat besar dan kuat kepada AICHR agar dapat memenuhi mandatnya mempromosikan dan melindungi HAM seluruh masyarakat ASEAN," tukas Retno.

AICHR merupakan bagian integral dari struktur organisasi ASEAN, yang berperan sebagai badan konsultasi dan bersifat memberi nasihat. AICHR juga merupakan institusi penaung HAM di ASEAN dengan tanggung jawab secara umum adalah untuk pemajuan dan perlindungan HAM di wilayah ASEAN.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close