Internasional

ASEAN Harus jadi Solusi Masalah Rohingya

Mantan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Marty Natalegawa (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

Jakarta: Mantan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Marty Natalegawa berharap agar ASEAN bisa menjadi sebuah solusi masalah Rohingya yang kurang lebih sudah setahun bergulir ini.
 
Baca juga: Dugaan Genosida Rohingya, PBB Minta Aung San Suu Kyi Mundur.
 
"ASEAN harus maju soal ini. Meskipun ASEAN satu suara saat bersama di pertemuan-pertemuan internasional, tapi ketika bertemu dengan pihak ketiga, ASEAN harus menjadi solusi," kata Marty ketika ditemui di Jakarta, Kamis 30 Agustus 2018.
 
Marty menambahkan, ASEAN pun bisa lebih kuat karena tahun depan Indonesia duduk sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).
 
"Ini satu portofolio yang sudah menanti Indonesia tahun depan. Saya yakin Indonesia bisa membantu untuk menangani masalah ini," ungkap dia.
 
"Indonesia harus bisa menyuarakan pandangan dan mensinergikan perkembangan-perkembangan di kawasan dan global di semua level," lanjut dia.
 
Tim pencari fakta PBB yang dipimpin Marzuki Darusman asal Indonesia menyerukan agar Panglima Militer Myanmar dan lima komandan lainnya dituntut atas genosida terhadap Rohingya, tak terkecuali Panglima Senior Jenderal Min Aung Hlaing.
 
Dalam 20 halaman terakhir di laporan tim pencari fakta, disebutkan bahwa ada informasi yang cukup untuk menjamin penyelidikan dan penuntutan terhadap militer Myanmar.
 
Selain itu, ada pula kasus pembunuhan terhadap 20 orang Rohingya di desa pesisir Inn Din yang merujuk pada pertanggungjawaban militer Myanmar.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close