Internasional

ASEAN Siap Bantu Korban Gempa Sulteng

Hotel Mercure di Talise yang porak poranda akibat diguncang gempa. (Foto: AFP)

Jakarta: Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menawarkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Tawaran ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi lewat sebuah surat yang ditujukan kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

"AHA Center (lembaga kemanusiaan ASEAN) siap untuk membantu para korban, kapan pun Indonesia membutuhkan selaras dengan prinsip One ASEAN One Response," tulis Sekjen Lim, Kamis 4 Oktober 2018.

Baca: Angkatan Udara Malaysia Mulai Kirim Bantuan ke Sulteng

Di paragraf pertama surat tersebut, Sekjen Lim juga mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas bencana yang menimpa Sulteng pada Jumat 28 September 2018 tersebut.

Ucapan belasungkawa pun berdatangan kepada Presiden RI Joko Widodo dan Menlu Retno sejak hari pertama pascagempa.

Selain itu, berbagai bantuan internasional pun mulai berdatangan ke Sulteng, seperti dari Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Inggris dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga 3 Oktober 2018, jumlah korban tewas tsunami dan gempa Palu mencapai 1.407 orang.

Korban meninggal tercatat dari berbagai wilayah, mulai dari Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi, hingga Parigi Moutong. Mereka kebanyakan tertimpa reruntuhan bangunan saat gempa, ataupun terseret arus ketika tsunami.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close