ASN Nekat Mudik Bakal Kena Sanksi

  • Whatsapp
Menpan -RB Tjahjo Kumolo

INDOPOLITIKA.COM – Menpan-RB Tjahjo Kumolo melarang aparatur sipil negara (ASN) pulang kampung atau mudik dan bepergian keluar daerah. Jika masih nekat bepergian, mereka akan dikenakan sanksi disiplin.

Larangan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menpan-RB nomor 41 tahun 2020 tentang perubahan SE Nomor 36 tahun 2020nt tentang pembatasan bepergian ke luar daerah dan/atau bepergian mudik bagi aparatur sipil negara dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Berita Lainnya

“Apabila ada ASN yang melanggar maka yang bersangkutan akan dikenakan sanksi disiplin,” kata Tjahjo Kumolo dalam keterangan tertulis, Rabu (8/4/2020).

Menurutnya, jika pada surat edaran pertama nomor 36 sifatnya mengimbau, maka pada surat edaran kedua nomor 41 ini lebih tegas melarang ASN bepergian atau mudik ke daera, pemberian sanksi jika melanggar dan kewajiban ASN memakai masker.

“Ini kita lakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 karena melalui mobilitas penduduk dari satu daerah ke daerah lain,” tandas Tjahjo.

Namun, lanjut Tjahjo, jika ASN itu terpaksa harus bepergian karena ada kepentingan yang sangat urgen, bisa meminta izin kepada atasannya masing-masing.

Guna kebijakan ini efektif, akan dilakukan pengawasan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). PPK memiliki peran memantau dan mengawasi bahwa ASN di lingkungan pemerintah setempat menjalankan edaran tersebut. (rma)

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *