Asyik! Mode Gelap Whatsapp Akhirnya Bisa Dipakai di Android Lo

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pengguna WhatsApp di smartphone Android akhirnya bisa mencoba fitur dark mode atau tampilan mode gelap. Fitur dark mode baru tersedia untuk pengguna aplikasi WhatsApp beta versi Android terbaru.

Kabar yang ditunggu-tunggu pengguna whatsapp ini diumumkan oleh WAbetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp.

Baca juga:

Tampilan Dark Mode dapat mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar perangkat. Salah satu keuntungan dari Dark Mode adalah menghemat daya baterai, terutama jika perangkat menggunakan layar OLED atau AMOLED.

Untuk mendapatkannya, pengguna harus bergabung menjadi beta tester di Google Play Store atau men-download file APK WhatsApp beta yang terbaru. Tapi, perlu ingat untuk tetap berhati-hati download WhatsApp di luar Google Play Store.

Setelah aplikasi diperbarui, mode gelap bisa langsung diaktifkan secara manual. Caranya pun mudah. Untuk menganti pengaturan dark mode di WhatsApp, pengguna bisa mengikuti langkah di bawah ini.

  • Pastikan sudah terinstal aplikasi WhatsApp beta versi 2.20.13 untuk Android
  • Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
  • Pilih menu “Settings”, lalu pilih bagian “Chats”.
  • Masuk ke menu “Theme”. Di sana ada tiga pilihan pengaturan, pertama “Set by Battery Saver” untuk mengatur tampilan dark mode sesuai dengan kondisi baterai. Kedua, “Light” pengaturan tampilan normal. Dan ketiga, “Dark” untuk tampilan gelap secara permanen.

Tampilan dark mode WhatsApp berbeda dengan Instagram. Warna yang ditampilkan dark mode WhatsApp tidak terlalu hitam, atau condong ke arah abu-abu. Sementara, Instagram memiliki tampilan dark mode yang hitam pekat.

Perlu diingat bahwa fitur mode gelap di WhatsApp masih dalam tahap beta. Artinya, belum semua pengguna bisa menjajal fitur ini.

Sebelumnya, tampilan dark mode WhatsApp sudah bisa digunakan, apabila perangkat smartphone sudah mendukung sistem operasi Android 10 dan iOS 13. Kedua OS tersebut memiliki pengaturan tampilan dark mode di bagian sistem display perangkatnya. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *