Aturan Makan 20 Menit Jadi Bahan Lelucon, Puan: Pemerintah Harus Jelaskan Detailnya

  • Whatsapp
Ketua DPR Puan Maharani

INDOPOLITIKA.COM – Aturan makan 20 menit di warung makan bagi daerah yang menerapkan PPKM Level 4 menjadi bahan lelucon oleh sejumlah masyarakat.

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah menjelaskan detail mengenai aturan tersebut. Penjelasan dibutuhkan agar aturan tak menjadi sekadar lelucon di publik.

Berita Lainnya

“Kalau ini dibiarkan tanpa penjelasan dan akhirnya hanya menjadi lelucon di tengah masyarakat, saya khawatir ini justru akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” kata Puan melalui keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021).

Puan mengatakan, perubahan kebijakan yang kerap kali dilakukan selama memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat berpotensi menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Namun, hal tersebut bisa dihindari apabila pemerintah bisa membangun kepercayaan kepada masyarakat dengan membuktikan bahwa kebijakan-kebijakan tersebut demi kebaikan bersama.

“Bangun kepercayaan masyarakat mulai dari prosesnya, sampai masyarakat akhirnya merasakan langsung dampak positif dari kebijakan tersebut,” kata Puan.

Puan bilang, upaya membangun kepercayaan masyarakat, misalnya dalam kebijakan PPKM Level 4 yang disesuaikan, jangan sampai dicederai oleh hal-hal yang kontraprodukif dalam prosesnya. Misalnya, penurunan jumlah pemeriksaan atau testing di saat-saat krusial seperti ini.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka pemerintah tidak boleh menurunkan testing selama masa darurat ini, apalagi di bawah standar yang berlaku. Menurut Puan, testing bukan hanya harus ditingkatkan secara nasional, tetapi perlu dimonitor per daerah.

“Kalau jumlah kasus harian turun, tapi jumlah testing turun, masyarakat mungkin akan bilang ‘ah kasus turun karena testing-nya diturunkan’. Pandangan-pandangan seperti ini sebisa mungkin diantisipasi pemerintah agar tidak menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam menangani pandemi,” kata Puan.

Selain itu, kata Puan, membangun kepercayaan juga bisa dilakukan pemerintah lewat pelibatan masyarakat, misalnya lewat program-program pemberdayaan masyarakat. Misalnya, dapur umum dan bantuan untuk masyarakat yang sedang isolasi mandiri.

“Pelibatan masyarakat akan mengubah paradigma bahwa pandemi ini bukan hanya masalah pemerintah, tetapi masalah kita bersama, sehingga kita semua jugalah yang harus bergotong-royong untuk sama-sama keluar dari masa-masa sulit ini,” kata Puan. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *