Internasional

Australia Amankan 19 Pencari Suaka Asal Vietnam

Kapal asal Vietnam yang mencoba masuk ke Austra;ia. (Foto: EPA)

Canberra: Sebuah kapal pencari suaka asal Vietnam berisikan 19 orang yang terdampar di Australia, diamankan otoritas setempat.

Kapal ini sempat kandas di dekat Daintree, Queensland. 19 pencari suaka tersebut terpaksa turun dan masuk ke hutan hujan yang penuh dengan buaya, ular berbisa dan burung kasuari raksasa.

Ketika diamankan, 17 orang sedang berada di dekat kapal dan dua orang lainnya berada di bibir pantai. 

"Dua orang terakhir yang diamankan adalah kapten kapal dan seorang pencari suaka. Mereka ditahan ketika mereka mencoba menyeberangi Sungai Daintree dengan feri," ujar Direktur Area Pelayanan Darurat Queensland, Peter Rinaudo, dikutip dari Strait Times, Selasa 28 Agustus 2018.

Seorang pejabat Satuan Perbatasan Australia pun mengatakan, 19 orang ini akan diidentifikasi lebih lanjut. Diduga, ada sindikat penyelundupan orang terkait terdamparnya kapal ini.

Senin kemarin, Menteri Dalam Negeri Peter Dutton mengatakan bahwa kapal tersebut berasal dari Vietnam dan merupakan kapal pencari suaka pertama yang berhasil mencapai Australia sejak 2014.

Di bawah kebijakan imigrasi keras Australia, pencari suaka yang berusaha masuk ke Australia akan dikembalikan ke negaranya atau dikirim ke kamp-kamp terpencil di Pasifik di mana kondisinya memprihatinkan.

Kebijakan Australia ini pun dikritik Perserikatan Bangsa-Bangsa dan sejumlah kelompok HAM karena kebijakan tersebut melanggar Konvensi Pengungsi 1951 di mana Australia telah menyepakatinya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close