Azas Tigor: Banjir Jakarta Sudah Jadi Siklus Harian

  • Whatsapp
Azas Tigor Nainggolan batik) bersama Alvon Kurnia Palma seusai mendaftarkan gugatan korban banjir Jakarta di PN jakarta Pusat Senin (13/01/2020).

INDOPOLITIKA.COM – Tim Advokasi Korban Banjir Jakarta menyebut siklus hujan tahunan di DKI hari-hari ini membuktikan fakta sebaliknya. Banjir bukan lagi menjadi fenomena tahunan di Ibukota. Banjir dan bahkan genangan yang merendam banyak kawasan di ibukota sudah menjadi fenomena harian.

Hal itu disampaikan salah satu tim advokasi korban banjir Jakarta Azas Tigor Nainggolan. Menurut dia, celakanya, antisipasi dini, penanganan korban banjir dan distribusi bantuan tidak nampak di tengah-tengah warga yang terdampak banjir.

Bacaan Lainnya

“Jadi, banjir Jakarta sekarang sudah bukan siklus tahunan. Tapi mingguan. Bahkan harian. Hari Minggu banjir lalu surut. Hari ini Selasa, banjir dan tergenang lagi Jakarta,” katanya.

Banjir dan genangan harian itu terjadi karena pemprov lalai. Terutama menyangkut perencanaan pembangunan dan perawatan kota yang buruk. Bahkan boleh jadi Pemprov DKI tidak punya sistem perencanaan dan perawatan yang memadai.

“Drainasenya nggak dirawat. Itu sebabnya,” kata dia.

Sialnya, tambahnya, bantuan Pemprov DKI untuk korban banjir juga tidak nampak. Para korban tidak mendapat pertolongan bantuan pangan ataupun bantuan lain yang menjadi kebutuhan utama korban banjir.

“Coba cek. Dimana ada korban banjir sekarang yang dapat bantuan. Bantuan-bantuan itu nggak ada sekarang,” ujarnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *