Internasional

Badai Terkuat Tahun Ini, Topan Mangkhut Hantam Filipina

Foto dari NOAA memperlihatkan Topan Super Mangkhut di dekat Filipina pada 14 September 2018. (Foto: NOAA)

Luzon: Badai yang disebut-sebut terkuat tahun ini, Topan Super Mangkhut, menghantam pesisir utara Filipina dengan angin kencang dan hujan deras.

Seperti dikutip dari kantor berita BBC, Mangkhut tiba di Baggao, pulau Luzon, pada Sabtu 15 September 2018 dini hari, sekitar pukul 01.40 waktu setempat.

Sejumlah laporan menyebut topan merusak deretan rumah dan memutus aliran listrik ke beberapa wilayah Luzon sebelum waktu subuh.

Lebih dari empat juta warga Filipina berada dalam jalur pergerakan Mangkhut, yang memiliki kecepatan putaran angin hingga 330 kilometer per jam.

Otoritas setempat telah mengeluarkan peringatan evakuasi di Luzon, yang terancam gelombang laut hingga setinggi 6 meter sebagai imbas dari Mangkhut. "Kerusakan yang sangat parah mungkin terjadi kepada struktur yang rentan," ungkap pejabat pemerintah Luzon.

Peringatan dinaikkan ke level dua teratas dari total skala empat — di provinsi Cagayan, Isabella utara, Apayao dan Abra.

Dalam catatan Filipina, badai terkuat yang pernah melanda adalah Topan Super Haiyan pada 2013. Badai itu berada dalam status peringatan level tertinggi dari total skala empat.

Haiyan menewaskan lebih dari 7.000 orang dan membuat jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal.

"Dalam hal kekuatan, Topan Mangkhut adalah siklon tropis terkuat tahun ini," ucap Organisasi Meteorologi Dunia.

Topan ini diestimasi akan terus bergerak ke arah barat dan melalui Hong Kong pada Minggu petang.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close