Bakar Batu Menandakan Papua Sudah Aman

  • Whatsapp
Staf Khusus Presiden urusan Papua, Lenis Kogoya

INDOPOLITIKA- Staf Khusus Presiden urusan Papua, Lenis Kogoya menegaskan jika kondisi di Papua, termasuk Papua Barat saat ini perlahan kondusif.

Sebagai putra daerah bumi cendrawasih, Lenis melihat dengan adanya bakar batu, menandakan kondisinya aman. Disisi lain, Mabes TNI membeberkan ada banyak kelompok baru yang ikut menunggangi konflik di Papua dan Papua Barat.

Baca Juga:

“Sekarang sudah bakar batu, berarti sudah damai,” kata saat menghadiri deklarasi ‘Jabar Bergerak’ kawal visi Jokowi yang diselenggarakan relawan Pro Jokowi (Projo) di Hotel Horison, Bandung, Sabtu (7/9).

Tokoh yang juga Ketua Lembaga Masyarakat Provinsi Papua ini menegaskan, pemerintah saat ini tengah dalam perencanaan untuk membahas masa depan Papua.

“Untuk Papua akan dibicarakan bersama. Baik dengan pemerintah Papua, masyarakat adat, tokoh agama sama-sama dengan Presiden duduk, nanti dibahas program-program apa yang prioritas untuk kesejahteraan masa depan Papua,” ucapnya.

Sementara Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Joni Suprianto menduga ada banyak kelompok baru yang menunggangi konflik Papua tersebut. “Contohnya, ada mantan calon anggota dewan yang tidak terpilih kan, memasang bendera rame-rame itu kan kelompok-kelompok penunggang baru. Kita harus terang-terang ini. Kelompok ini terlalu banyak,” kata Joni.

Dia memaparkan, kelompok-kelompok ini aktif dalam melakukan propaganda dan memutarbalikkan fakta. Adapun isu yang dimunculkan, bila pemerintah tidak tegas dan tidak satu suara, kelompok-kelompok ini akan mampu memanfaatkan ketidaksinkronan pemerintah untuk menggoreng isu-isu tersebut. “Kami sangat berharap dukungan semua stakeholder, pemerintah, rakyat Indonesia agar ini tidak berlangsung berlarut-larut,” harapnya.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *