Internasional

Bali Democracy Forum Chapter Berlin Bahas Isu Migran

Jubir Kemenlu, Arrmanatha Nasir (Foto: MTVN).

Jakarta: Usai mengadakan Bali Democracy Forum (BDF) Chapter Tunisia, tahun ini giliran kawasan Eropa menjadi sasaran, yaitu BDF Chapter Berlin, yang akan diadakan pada 14 September 2018.

"Dari Hanoi, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan langsung Jerman untuk menghadiri BDF Chapter Berlin," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir, kepada awak media di Kemenlu RI, Jakarta, Kamis 6 September 2018.

Tema BDF kali ini adalah demokrasi dan migrasi. Tema migrasi dirasa cocok dengan tempat pelaksanaan, karena Jerman sendiri masih bergulat dengan masalah imigran.

"Ada 140 peserta. Negara-negara Eropa dan Asia juga ada, yang pasti Jerman, lalu Belgia, Swiss, Inggris, Austria. Dari Asia, ada India dan Thailand diperkirakan hadir," lanjut dia.

Arrmanatha menambahkan, tujuan dilaksanakannya BDF Chapter Berlin ini untuk melakukan pertukaran pengalaman guna menangani isu migrasi serta berbagai sistem demokrasi dan perbedaannya.

"Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pengalaman cukup banyak soal demokrasi dan penanganan migrasi," ungkapnya lagi.

Hasil dari BDF chapter Berlin ini nantinya akan dibawa ke pertemuan BDF ke-11 yang rencananya akan dilaksanakan di Bali pada awal November 2018.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close