Bali United Kunci Gelar Juara Liga 1, Jika ‘Liga Sirkus’ Tak Terulang Lagi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Bali United memastikan gelar juara Liga 1 Indonesia 2019. Kepastian tersebut diraih Serdadu Tridatu usai mengalahkan Semen Padang dengan skor 2-0 di Stadion H. Agus Salim, Padang, Sumatera Barat, Senin (2/12/2019) sore WIB.

Bali United juara Liga 1 2019 setelah dua tahun lalu melewati momen unik yang terkenal dengan sebutan ‘Liga Sirkus’ dalam pagelaran turnamen sepak bola di level tertinggi di Indonesia itu.

Baca Juga:

Di tahun 2017, klub berjuluk Serdadu Tridatu ini punya peluang Juara Liga 1, ketika itu, liga menyisakan satu pertandingan, Bali United masih di puncak klasemen dengan unggul tiga poin atas Bhayangkara FC. Namun, posisi di klasemen mendadak berubah saat Komdis PSSI menjatuhkan hukuman kepada Mitra Kukar, dan menjadikan Bhayangkara FC menang 3-0 lewat keputusan pada 5 November 2017.

Keputusan itu muncul setelah Mitra Kukar dianggap memainkan pemain yang tidak sah, Mohamed Sissoko, lantaran dinilai tidak layak tampil karena dalam masa hukuman pada laga 3 November 2017 yang berakhir imbang 1-1.

Dengan kemenangan atas Mitra Kukar, Bhayangkara FC merangsek ke puncak klasemen menggeser Bali United lewat keunggulan head to head.

Istilah Liga Sirkus awalnya dimunculkan oleh striker Sylvano Comvalius yang ketika itu masih bermain di Bali United. Ketika itu, ia mengunggah foto tulisan Indonesia Super League yang diganti dengan Circus League beberapa jam usai keputusan Komdis PSSI tersebut .

“Selamat datang di sirkus. Siapa yang mau melihat sejumlah sulap? Apapun yang terjadi, kami bisa bangga dengan musim ini. Yang kami lakukan sangat luar biasa, mari berharap dan berdoa semuanya berakhir dengan baik,” tulis Comvalius dalam keterangannya.

Ketetapan yang dibuat Komdis PSSI pada 5 November 2017 itu mengherankan bagi banyak pihak, tidak hanya Comvalius. Sejumlah pemain Indonesia seperti Hamka Hamzah dan Ramdani Lestaluhu juga tidak habis pikir dengan keputusan tersebut.

Kini, usai kerja keras dan kesabaran Bali United, insiden ‘Liga Sirkus’ itu memberikan hasil maksimal. Bali United resmi jadi juara Liga 1 2019 ketika kompetisi masih menyisakan 4 pertandingan lagi.

Keberhasilan Bali United Juara Liga 1 ini juga mencatatkan nama pelatih mereka, Stefano Cugurra Teco, merasakan gelar juara Liga 1 untuk dua musim secara beruntun. Di musim sebelumnya, Teco mengantarkan Persija Jakarta menjadi juara Liga 1. Ia memutuskan hengkang ke Bali United setelah kontraknya di Persija berakhir.

Teco menjadi pelatih pertama yang meraih gelar dua musim beruntun sejak format Liga 1 dijalankan.[rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *