Balikpapan Andalkan Pertamina sebagai Penggerak Ekonomi di Tengah Pandemi        

  • Whatsapp
Para pekerja di Kilang Pertamina Balikpapan tetap beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

 INDOPOLITIKA.COM- Kontribusi Pertamina tidak hanya berupa bantuan sosial untuk Kota Balikpapan, tetapi Pertamina Grup yang terdiri atas bisnis hulu hingga hilir berupaya untuk tetap menggerakan roda perekonomian Kota Balikpapan dengan tetap optimal beroperasi agar dapat menyalurkan energi untuk masyarakat.

Operasional yang dilakukan Pertamina tetap menerapkan secara ketat protokol pencegahan Covid-19 di area kerja dan rumah dinas perusahaan.

Bacaan Lainnya

Sejak 20 April, Pertamina RU V melakukan langkah antisipatif untuk menjaga keseimbangan produksi serta kapasitas kilang dengan melakukan perbaikan dan pemeliharaan kilang agar tetap handal.

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi memuji bahwa satu-satunya peluang pekerjaan di tengah pandemik Covid-19 di kota Balikpapan hanya ada di Pertamina bagian pemeliharaan kilang dan perluasan kilang (RDMP).

“Saya mohon betul agar itu diberikan kesempatan pertama bagi mereka-mereka  yang ada di Balikapan, Kaltim dan Kaltim. Karena itu saja yang punya peluang kerja baik di pemeliharaan kilang maupun RDMP,” ujarnya.

Apalagi yang dilakukan Pertamina secara perusahaan maupun secara grup, lanjut Rizal, Pertamina berkepentingan baik dengan lingkungan sekitar maupun tenaga kerjanya. Karena ini merupakan aset yang harus dijaga bersama-sama.

“Kan terima disini tenaga kerjanya tidak perlu menyediakan perusahaan  tidak perlu mengadakan transportasi karena hanya orang sekitar sini saja. Jadi sangat berkepentingan Pertamina juga untuk menjaga dan memelihara kilang,” tandasnya.

Menambahkan pernyataan dari Walikota, lebih kurang 700 tenaga kerja lokal Balikpapan direkrut untuk mendukung proyek pemeliharaan kilang. “Alih-alih merumahkan pegawai di tengah krisis ekonomi akibat covid-19, Pertamina RU V justru menambah tambahan tenaga kerja. Pastinya kami telah membekali para pekerja untuk mentaati prosedur protokol pencegahan covid-19,” papar Roberth MV Dumatubun, Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan.

Tidak hanya dari segi penyerapan tenaga kerja, Pertamina juga membantu meningkatkan produktivitas Usaha Kecil Menengah (UKM) yang merupakan mitra binaan Pertamina.

“ Total omset yang dicapai dari mitra binaan Pertamina hingga awal Mei hampir menembus 500 juta dan akan terus meningkat.” Tutur Roberth.

“Roda ekonomi UKM Balikpapan juga terbantu berkat program mitra binaan Pertamina. Pertamina belanja barang-barang bantuan tersebut mengutamakan dari UKM tersebut, hingga ratusan juta rupiah. Ungkap Rizal.

Pencapaian tersebut didapatkan dari pengoptimalisasian mitra binaan untuk barang-barang bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak, sekaligus Pertamina membantu promosi mitra tersebut baik untuk konsumsi internal dan eksternal terutama mitra binaan yang bergerak pada penjualan kebutuhan pangan.(rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *