Bamsoet: MPR Lembaga yang Tepat Untuk Merumuskan PPHN

Ketua MPR Bambang Soesatyo

INDOPOLITIKA.COM – Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebutkan MPR merupakan lembaga negara yang paling tepat untuk menginisiasi agenda-agenda yang dibutuhkan untuk merumuskan PPHN. Dalam konteks pembentukan PPHN, MPR perlu menjadi lembaga perwakilan yang inklusif.

“Agar permusyawaratan mengenai haluan negara dapat menjadi ruang bersama  dan perwakilan seluruh rakyat dalam merumuskan PPHN,” katanya baru-baru ini.

Bambang Soesatyo memaparkan lembaga MPR yang beranggotakan seluruh anggota DPR dan MPR merupakan lembaga perwakilan terlengkap.

“Lembaga ini merepresentasikan kedaulatan rakyat karena dalam MPR ada representasi rakyat Indonesia dari tiap-tiap daerah,” kata Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo.

Dalam konteks pembentukan haluan negara, lanjut Bamsoet, revitalisasi lembaga perwakilan yang inklusif perlu dilakukan. Sehingga,  permusyawaratan mengenai haluan negara dapat menjadi ruang bersama.

“Agar perwakilan seluruh rakyat dalam merumuskan kaidah penuntun yang berisi arah-arah dasar bersifat ideologis, strategis teknokratis, dengan menghimpuan sebesar-besarnya kepentingan rakyat dalam membangun negara Indonesia,” jelasnya. [asa]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *