Bamsoet Terjunkan Tim Khusus Untuk Atasi Rusuh Papua

  • Whatsapp
Ketua DPR Bambang Soesatyo (ist)
INDOPOLITIKA- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Bambang Soesatyo akan terjunkan tim khusus beranggotakan legislator asal Papua dan Papua Barat untuk memantau penerapan otonomi khusus Papua, menyusul aksi demo besar-besaran yang terjadi di Papua beberapa hari lalu.
“Ini sebagai langkah konkret DPR membantu pemerintah pusat agar kondisi di Papua dan Papua Barat bisa kembali kondusif,” ujar Bamsoet
Politikus partai beringin ini mengungkapkan, sebelumnya Tim DPR Pemantau Otonomi Khusus juga sudah berkunjung ke Surabaya. Menurut Bamsoet, perlu ada pengusutan hukum yang tuntas terkait peristiwa di asrama mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang. Hal itu dilakukan untuk menurunkan eskalasi di Papua dan Papua Barat.

“Jika ada yang melanggar hukum baik dari pihak sipil, pejabat pemerintah daerah, maupun TNI dan Polri, harus ditindak sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya.

Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, usaha untuk mendamaikan sesama anak bangsa jika tanpa dilandasi dengan keadilan adalah ilusi. Namun jika keadilan ditegakan, perdamaian dengan sendirinya akan terwujud.
“Jadi jangan biarkan peristiwa yang terjadi di Surabaya dan Malang menjadi pemantik yang membuat perdamaian di Papua dan Papua Barat terganggu,” tuturnya.
Selain itu, Bamsoet bersama tim nantijuga berencana untuk menemui Presiden Jokowi untuk berbagi pemahaman, sudut pandang, dan pemikiran dengan Presiden Jokowi agar kondisi Papua cepat kembali stabil. Bamsoet dalam kesempatan itu juga mengungkap keheranannya terkait aksi rusuh yang terjadi di Papua. Dia mengatakan, selama lima tahun belakangan ini kondisi di Papua dan Papua Barat relatif damai. Perhatian pemerintah pusat pun sangat besar dalam mendorong percepatan pembangunan di sana. “Tapi mengapa kemarin bisa terjadi hal-hal seperti itu.” [sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *