Pemerintahan

Bandara Ahmad Yani Baru Siap Operasional Lebaran

SEMARANG – Persiapan mudik 2018 untuk membuat para pemudik nyaman, aman, lancar dan selamat sampai di tujuan tidak hanya jalur darat, tapi juga mudik udara. Salah satu bandara baru yang siap beroperasi untuk mudik lebaran 2018 adalah bandara baru Ahmad Yani, Semarang. Pembangunan bandara memang merupakan salah satu program prioritas nasional pemerintahan Presiden Joko Widodo. Bandara Ahmad Yani baru terletak tak jauh dari bandara lama, sekitar 2 kilometer. Team pemantau persiapan mudik Kantor Staf Presiden (KSP) yang terdiri dari perwakilan Kedeputian I Febri Calvin Tetelepta dan Sigit Kurniawan serta Kedeputian IV Gabriel Sudjajanto dan FX Rudy Gunawan, melakukan kunjungan lapangan ke bandara baru Ahmad Yani sebagai bagian dari tugas pemantauan di wilayah Semarang, Solo dan sekitarnya.

Persiapan bandara baru Ahmad Yani saat ini sudah mencapai tahap finishing dari keseluruhan bagian bandara. Semua bagian bandara, mulai dari akses jalan menuju bandara, pemisahan jalur kendaraan untuk penumpang drop off dan tempat parkir yang saat ini bisa memuat 700 mobil, pintu masuk ke lobi bandara yang akan dilengkapi komersial area, area check in yang akan dilengkapi dengan mesin self check in, travelator dan eskalator dari area check in menuju ruang tunggu, landasan pacu dan tempat parkir pesawat yang kini jauh lebih luas, toilet termasuk tentunya toilet untuk penyandang disabilitas dan sistem pengelolaan bandara, semua sudah tinggal finishing saja dan akan siap untuk menyambut mudik lebaran 2018.

Tahap verifikasi semua bagian akan diselesaikan selambat-lambatnya tanggal 31 Mei 2018. “Harus dipastikan bahwa semua aspek sudah diperhitungkan dengan matang dalam menyambut lebaran 2018 ini, jangan sampai ada hal-hal kecil yang mengganggu seperti misalnya arus mobil masuk bandara jangan sampai tersumbat,” ujar Febri Calvin pada manager operasional bandara Ahmad Yani dan seluruh peserta rapat yang digelar di bandara lama. Beberapa masalah yang disampaikan dalam rapat tersebut memang di luar soal pembangunan, antara lain soal jalan akses masuk ke bandara yang masih sedikit bergelombang dan juga soal pasokan air untuk kebutuhan bandara. Kedua persoalan itu memang berada di luar wilayah kewenangan Angkasa Pura I dan II maupun kewenangan para kontraktor lainnya. Kedua masalah itu ada di wilayah kewenangan pemerintah daerah untuk menyelesaikannya.

Di luar masalah pasokan air dan jalan yang masih sedikit bergelombang, bandara Ahmad Yani baru siap beroperasi penuh untuk mudik lebaran 2018. Mudik udara dalam mudik lebaran 2017 menjadi moda mudik yang mengalami kenaikan signifikan sehingga bukan tak mungkin untuk mudik tahun 2018 ini juga mengalami peningkatan jumlah penumpang lebih banyak. Apalagi moda angkutan kereta api saat ini sudah terjual habis semua tiket yang disiapkan untuk menyambut mudik 2018. Dengan kondisi seperti itu, bandara baru Ahmad Yani akan sangat membantu para pemudik ke wilayah Semarang dan sekitarnya. Apalagi bandara baru ini jauh lebih luas dan lebih nyaman dibandingkan bandara Ahmad Yani yang lama.

bandara-ahmad-yani-baru-siap-operasional-lebaran-2

Tags

Artikel Terkait

Close
Close