Internasional

Bangunan Roboh di India, Dua Warga Tewas

Bangunan yang roboh di India, dikhawatirkan korban akan terus bertambah (Foto: AFP).

New Delhi: Setidaknya dua orang tewas saat sebuah bangunan yang sedang proses kontruksi roboh. Dikhawatirkan masih banyak lainnya yang terperangkap di dalam reruntuhan bangunan ini.
 
Kejadian di sebuah kompleks pemukiman di pinggiran Ibu Kota New Delhi ini, terjadi pada Selasa 17 Juli sore waktu setempat. Hingga Rabu 18 Juli regu penyelamat masih mencari korban lain.
 
Tim penyelamat menyisir tumpukan besi dan beton sejak semalam. Pada akhirnya berhasil menarik dua jasad pada Rabu pagi waktu setempat di Greater Noida.
 
"Kami belum memiliki bukti konkret mengenai jumlah orang yang berada di dalam bangunan, saat bangunan roboh," ujar Kepala Pemadam Kebakaran Greater Noida, Arun Kumar Sing, seperti dikutip AFP, Rabu 18 Juli 2018.
 
Laporan menyebutkan ada banyak keluarga yang tinggal di dalam kompleks permukiman ketika bangunan itu roboh. Tiga orang,-termasuk pemilik bangunan,- ditangkap terkait insiden.
 
"Untuk saat ini kami terus melakukan interogasi terhadap mereka yang kami amankan. Tindakan keras akan diterapkan terhadap mereka yang bertanggungjawab," tegas petugas polisi Greater Noida, Avnish Kumar.
 
Hingga saat ini 100 petugas penyelamat yang menggunakan pemotong baja dan alat berat untuk membersihkan lokasi kejadian serta mencari warga yang diduga masih terjebak.
 
Pihak berwenang menyebutkan bahwa bangunan enam lantai yang roboh itu jatuh menimpa bangunan empat lantai yang baru saja rampung.
 
Wilayah Greater Noida dikenal sebagai wilayah kompleks pemukiman padat dan kadang tidak mematuhi aturan pembangunan. Kompleks permukiman ini umumnya dihuni warga kelas menengah India.
 
Banyak sekali proyek real estat di India yang mengabaikan aturan konstruksi karena ingin menggunakan material murah demi mendapatkan keuntungan besar.
 
Kasus seperti ini umum terjadi di India. Pada Mei lalu, setidaknya 18 orang tewas ketika jalan raya roboh di utara India. Pada 2017 lalu, sekitar 30 orang tewas dan puluhan lainnya terluka ketika sebuah rumah berusia 100 tahun roboh di Mumbai.
 
Pengabaian atas aturan pembangunan menjadi inti dari permasalahan. Ditambah dengan kondisi cuaca buruk, makin memperburuk kualitas keamanan pada bangunan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close