Banjir Kepung Ponpes Suryalaya, Pengurus: BBWS PUPR Tidak Dengarkan Permintaan Pengerukan Sungai

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Hujan deras yang mengguyur wilayah Tasikmalaya pada hari Minggu, 23 Februari 2020, kemarin menyebabkan puluhan rumah di Komplek Pondok Pesantren Suryalaya, ikut terendam banjir.

Menurut Salah seorang pengurus Ponpes Suryalaya, Riad Jamil, banjir ini adalah kali pertama yang masuk ke kawasan komplek Suryalaya.

Bacaan Lainnya

 “Sekitar 30 rumah dan asrama putri terendam banjir. Air masuk ke rumah dan merendam isi rumah. Penghuni rumah tidak sempat mengamankan barang-barangnya, karena begitu cepat naik. Ketinggian air di dalam rumah di atas 50 centimeter sejak malam tadi,” jelas Riad

Riad menjelaskan, banjir ini diakibatkan oleh luapan dari sungai Citanduy dan Cikidang yang mengalami pendangkalan. Padahal sebelum terjadinya banjir, pihaknya sudah beberapa kali meminta kepada BBWS PUPR untuk melakukan pengerukan. Namun sayangnya, kata Riad, BBWS PUPR tidak menggubris permintaannya.

Lanjut Raid, Pondok pesantren ini lokasinya tidak jauh dari bentangan Sungai Citanduy dan pemukiman Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya yang sama terendam banjir. Selain puluhan rumah, asrama putri dan puluhan kendaraan di ponpes itu pun terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter lebih.

Adapun posisi Pondok Pesantresn itu berada di bagian hulu Sungai Citanduy yang di hilirnya wilayah Desa Tanjungsari yang menjadi langganan banjir akibat pendangkalan sungai tersebut.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *