Internasional

Bantu Indonesia, Jepang Kirim Tim Penanggulangan Bencana

Sebuah kapal feri yang terbawa ke darat akibat tsunami yang melanda Palu, 28 Oktober 2018. (Foto: AFP).

Tokyo: Pemerintah Jepang telah mengirim Tim Penanggulangan Bencana Jepang ke Indonesia. Tim the Japan Disaster Relief (JDR) terdiri dari Unit Pasukan Bela Diri Jepang.
 
Tim ini akan menyediakan barang bantuan darurat berupa tenda, pemurni air dan genset. Total bantuan yang diberikan mencapai sekitar Rp3 miliar dari Japan International Cooperation Agency (JICA).
 
Baca juga: Inggris Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Sulteng.
 
"Bantuan ini merupakan sebagai respons dari kerusakan yang disebabkan bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Bantuan ini merupakan wujud hubungan persahabatan antara kedua negara," sebut pernyataan tertulis Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, yang diterima Medcom.id, Rabu 3 September 2018.
 
Adapun Unit Pasukan Bela Diri dijadwalkan berangkat menuju Indonesia hari ini. Para Unit Pasukan Bela Diri diharapkan mengadakan aktivitas bantuan termasuk transpotasi barang-barang kebutuhan di Sulawesi dan akan memulai operasi bantuan secepat mungkin setelah
kedatangan, sambil mengamati kondisi daerah yang terkena dampak bencana.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan bantuan evakuasi untuk korban bencana di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah, sudah masuk. Meski, bantuan belum maksimal.
 
"Setelah saya ke sini pertama alat berat sudah masuk semua, logistik sudah mulai masuk meskipun belum maksimal," kata Jokowi saat meninjau lokasi bencana di Hotel Roa-Roa, Sulawesi Tengah, Rabu, 3 Oktober 2018.
 
Baca juga: Jokowi Pastikan Logistik dan BBM Sudah Masuk.
 
Jokowi menambahkan bahan bakar minyak (BBM) sebagian sudah masuk. Dia berharap hari ini sudah bisa penuh kembali.
 
Tapi, dia memastikan masalah BBM akan selesai hari ini. Hari ini Jokowi meninjau penanganan evakuasi bencana di Sulawesi Tengah.
 
Jokowi menyempatkan melihat proses evakuasi di Hotel Roa-roa. Akibat gempa dan tsunami, hotel itu roboh.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close