Banyak Anak dan Cucu BUMN Tak Jelas, Erick Thohir Siap Terbitkan Permen

  • Whatsapp
Menteri BUMN Erick Thohir usai Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR-RI

INDOPOLITIKA.COM – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mengeluarkan kebijakan baru yaitu Peraturan Menteri (Permen) BUMN mengenai pembentukan anak dan cucu perusahaan BUMN. Hal itu disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir usai Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR-RI.

Ia mengatakan pembentukan anak usaha dan cucu usaha harus memiliki alasan yang jelas. Pasalnya, saat ini Erick menilai banyak bisnis anak dan cucu usaha perusahaan BUMN yang tumpang tindih.

Muat Lebih

“Kita juga akan mengeluarkan peraturan menteri yang tidak lain terkait dengan pembentukan anak atau cucu perusahaan harus ada alasannya,” kata Erick Thohir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Lebih lanjut, Erick menegaskan, bahwa dirinya tidak akan menghentikan pembentukan anak atau cucu perusahaan BUMN. Namun, kata dia, kalau tujuan pembentukan anak atau cucu perusahaan BUMN tersebut tidak jelas baru akan dihentikan.

“Karena saya tidak mau juga perusahaan-perusahaan BUMN yang notabene masih sehat ke depannya tergerogoti oknum,” tegasnya.

Erick mencontohkan salah satu perusahaan BUMN yang terbelit utang saat ini adalah PT Krakatau Steel Tbk. Restrukturisasi Krakatau Steel menurutnya sulit dilakukan karena melibatkan anak usaha yang saat ini berjumlah 60 anak usaha.

“Kalau Bapak, Ibu, tanya saya bisa enggak restrukturisasi Krakatau Steel diselesaikan dalam seminggu? Saya angkat tangan. Karena jumlahnya anak usaha 60. Oleh karena itu, Permen ini harus dikeluarkan tentu dengan seizin kementerian lain. Tapi di situ kita juga ada hak untuk mengkaji anak usaha ini,” jelasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *