BAPETEN Klaim Radioaktif Cs-137 Sudah Diangkat Dari Perumahan Batan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA,COM- Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) mengklaim semua sumber tingginya radioaktif Cs-137 atau Cesium 137 sudah diangkat.

Sekertaris Utama BAPETEN, Hendrianto Hadi Tjahyono mengatakan ada lima spot atau titik sumber yang ditemukan di sekitar Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan. Dan kini kata dia, sumber radioaktif itu disimpan di fasilitas limbah Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).

Bacaan Lainnya

“Alhamdullilah kita menemukan sumbernya, ada lima spot, sudah kita temukan semua, kita angkat, kita simpan di fasilitas limbahnya milik BATAN. Oleh karena itu, saat ini daerah ini sudah kosong, ini sudah tidak ada sumber kontaminannya,” kata Sekertaris Utama BAPETEN, Hendrianto Hadi Tjahyono di lokasi, Sabtu (15/2).

Meskipun sumber radioaktif sudah diangkat, namun Hedri meyakini tanah dan sejumlah tanaman yang berada di lokasi sumber radioaktif ini sudah tercemar. Pasalnya kata dia, 5  titik sumber radiokatif ini sudah cukup lama berada di Perumahan tersebut.

“Oleh karena itu tanah-tanah di sini meski sumbernya sudah diangkat tapi tanah-tanah di sini nampaknya juga tercemar,” tutur dia.

“Oleh karena itu di sini ada traktor segala macam mulai mengeruk tanah-tanah daerah yang tercemar itu, kita keruk 2-3 hari kemarin, dan tanahnya sudah kita amankan di fasilitas limbahnya BATAN,” tambah dia.

Meski begitu, tim tetap memasang garis pembatas untuk keperluan pemeriksaan berkala. Setelah diperiksa lalu di mapping untuk memastikan kawasan ini benar-benar bersih dari radioaktif.

Sebelumnya, Unit pemantau radiokativitas lingkungan milik Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menemukan kenaikan paparan rasiasi yang mengandung radioaktif atau CS-137 di lingkungan RT 17/04 Perumahan Batan Indah, Setu, Kota Tangerang Selatan, pada akhir Januari 2020.

Saat ditemukan, petugas langsung melakukan remedial. Remedial itu dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan yang terkontaminasi. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *