Barca Akhirnya Pecat Valverde dan Tunjuk Quique Setien Sebagai Pengganti, Siapakah Dia?

  • Whatsapp
Barca Pecat Valverde

INDOPOLITIKA.COM – Barcelona akhirnya resmi memecat Ernesto Valverde, menyusul kegagalan The Catalans di Piala Super Spanyol 2019/2020. Pelatih berusia 55 tahun dianggap gagal membuat Lionel Messi cs tampil garang seperti saat masih ditangani Pep Guardiola beberapa musim lalu.

Lewat situs resmi klub, Fcbarcelona.com, manajemen Los Azulgranas mengumumkan pemecatan mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut.

Berita Lainnya

“FC Barcelona dan Ernesto Valverde sudah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak yang sebelumnya menyatukan kedua belah pihak,” bunyi pernyataan Barcelona.

Meskipun saat ini Barcelona tengah berada di puncak klasemen, catatan statistik Barcelona tak istimewa. Hingga pekan ke-19, Barcelona sudah menelan tiga kekalahan, empat hasil seri, dan meraih 12 kemenangan. Pun di Liga Champions, Barcelona juga berhasil lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Catatan itu tak membuat manajemen memberi nilai istimewa buat Valverde. Kegagalan di Piala Super Spanyol pada akhirnya jadi senjata utama manajemen untuk memecatnya. Pada semifinal melawan Atletico Madrid, Los Azulgranas kalah 2-3.

Barcelona pun langsung menunjuk Quique Setien sebagai pengganti. Pelatih veteran tersebut akan menangani tim sampai akhir musim, seperti dikutip Sport.

Namun pasti banyak yang bertanya, siapa sebenarnya sosok Setien sehingga dipercaya memimpin tim sebesar Barcelona?

Setien merupakan eks pemain timnas Spanyol. Dia memiliki tiga caps bersama Tim Matador di era 80-an.

Ketika masih menjadi pemain, pria yang berposisi sebagai gelandang itu dia sempat membela Racing Santander, Atletico Madrid, Logrones, hingga Levante.

Sejak 2001 dia mulai menjadi pelatih, menangan Santander, Poli Ejido, Timnas Guinea, Lugo, Las Palmas, sampai terakhir sebelum ini Real Betis.

Tidak ada catatan prestasi mencolon selama kariernya sebagai juru ramu taktik. Namun ternyata sebelum ini, pada awal 2019, Barcelona sudah membidiknya.

Diyakini salah satu yang membuat manajemen kepincut dengan Setien, karena dia punya filosofi permainan sesuai dengan karakter Barcelona. Selain tampil menyerang dan menekan, dia selalu menerapkan pola yang berfokus kepada penguasaan bola serta umpan-umpan pendek. Bisa dibilang, gayanya mirip dengan tiki-taka Pep Guardiola. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *