BATAN Kukuhkan Tiga Profesor Riset, Salah Satunya Bidang Material Keramik

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Majelis Pengukuhan Profesor Riset Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) kembali mengukuhkan tiga profesor riset lembaga tersebut. Mereka yakni Prof. Dr. Dani Gustaman Syarif, M.Eng sebagai profesor riset di bidang material keramik.

Selain itu, Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan, M.Eng sebagai profesor riset di bidang kimia fisika, dan Prof. Dr. Henyi Suseno, S.Si., M.Si. sebagai profesor riset di bidang kimia radiasi. Dengan demikian, bertambahnya profesor riset ini menjadikan BATAN kini memiliki total 55 profesor hingga saat ini.

Muat Lebih

“Kepada Saudara Profesor Riset saya memberikan apresiasi karena telah konsisten meniti karir, memberikan hasil karya penelitiannya hingga mencapai puncak karir sebagai peneliti,” ucap Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan, menukil laman batangoid, Jumat (22/11/2019).

“Harapan saya, saudara bertiga tetap akan terus berkarya dengan memberikan hasil-hasil penelitian yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat,” lanjutnya.

Terkait hasil penelitian Dani Gustaman Syarif yang disampaikan dalam orasinya tentang Aplikasi Nanofluida di Bidang Nuklir, Kepala BATAN mengatakan bahwa hal ini sangat penting, karena telah berhasil mengembangkan nanofluida pemindah panas yang bisa digunakan sebagai kandidat fluida pendingin reaktor nuklir yang menjanjikan dimasa datang. “Saya katakan menjanjikan karena berpotensi sebagai pengganti fluida konvensional seperti air maupun air berat,” kata Anhar.

“Untuk kedepannya, saya mengharapkan hasil penelitian saudara terkait nanopartikel atau nanofluida ini dapat dikembangkan untuk diterapkan di bidang  lain seperti bidang kesehatan atau farmasi sehingga dapat berdampak lebih luas lagi bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Anhar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *