Bawaslu Ajak Pemilih Pemula Gunakan Hak Pilihnya di Pemilu 2024 dan Awasi Politik Uang

Kantor Bawaslu

INDOPOLITIKA.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) turut mengajak pemilih pemula untuk berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024.

Anggota Bawaslu RI, Puadi memberikan edukasi ke calon pemilih pemula yaitu siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Puadi mengatakan Indonesia akan menggelar pesta demokrasi terbesar dan satu-satunya di dunia yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

Untuk itu, Puadi mengajak siswa siswi yang telah berumur 17 tahun pada hari pemungutan suara untuk menggunakan hak pilihnya.

“Belum ada sejarah di dunia, hanya di Indonesia yang akan menyelenggarakan Pemilu Serentak 2024. Bagi kalian yang nanti sudah berumur 17 tahun pada saat hari pemilihan, berarti telah memiliki hak pilih,” kata Puadi dalam keterangannya seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (6/8/2022).

Tidak hanya menggunakan hak pilih, Puadi berpesan kepada calon pemilih pemula tersebut untuk mengetahui rekam jejak calon dan paling penting harus mengetahui tujuan memilih baim presiden, DPR, DPD, Gubernur, hingga DPRD kabupaten/kota.

Tidak hanya itu, Puadi juga menjelaskan bahaya politik uang dan berita bohong kepada calon pemilih pemula itu.

“Kalau nanti kalian memiliki tetangga melihat ada orang melakukan praktik bagi-bagi duit, bisa dilaporkan ke Bawaslu,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Puadi juga memperkenalkan apa saja lembaga penyelenggara pemilu dan bagaimana pembagian tugasnya mulai Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, dan DKPP. [Red]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.