Bedah Jaringan Komunikasi dan Aplikasi yang Telan APBD Fantastis di Kota “Smart City” Tangsel  

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kota Tangerang Selatan memiliki belasan aplikasi yang dijalankan di hampir masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal itu sejalan dengan angan walikota setempat, Airin Rachmi Diany yang sudah berbicara konsep “smart city” sejak dilantik pertama kali. Ia berharap, Tangsel Smart bisa mencontek Singapore.

Mewujudkan keinginan itu, mulailah Kota itu meluncurkan berbagai macam aplikasi. Diolah indopolitika.com dari berbagai sumber, aplikasi terbaru yang diluncurkan di kota itu yakni Tangsel Pay. Aplikasi yang memakan biaya Rp 100 jutaan dengan sewa operator Rp 7 jutaan. Bahkan untuk update aplikasi ini, harus menggelontorkan dana Rp 100 juta.

Baca Juga:

Tidak hanya itu, aplikasi ini akan dibuatkan Perwal sebagai legalnya. Untuk penyusunan dokumen Raperwalnya, pemerintah setempat hanya harus mengeluarkan dana Rp 41 juta. (sumber sirup.lkpp.go.id).

Sebagai smart city, fondasinya juga harus dibangun betul. Dimulai jaringan internet hingga segala macam perangkat dukungan lainya. Agar jaringan internet di seluruh OPD berjalan maksimal di kota itu, Dinas Komunikasi dan Informatika pada 2018 harus membelanjakan Rp 16,2 miliar untuk sewa bandwidth internet berkapasitas 32GB selama 12 bulan dan Rp 1.2 miliar untuk belanja wifi (200 APX12) dan jasa perawatan tower komunikasi Rp 198 juta. (sumber sirup.lkpp.go.id).

Sementara 2019 ini, dinas itu harus menyiapkan belanja modal perlengkapan perangkat jaringan internet senilai Rp 2.8 miliar lebih. Termasuk untuk mengadakan hyperconverage server Rp 1,6 miliar dan hyperconverage server data centre Rp 3,2 miliar. (sumber sirup.lkpp.go.id).

Biaya ini belum termasuk belanja modal untuk pengembangan perangkat jaringan internet (radio wireless backbone, switch distribution backbone, UPS, 1000VA, NAS, cloud controller asscess point, converter FO SC to UTP simplex, router indoor) senilai Rp 1,287 miliar, serta untuk pembangunan tower triangle (Rp 200 juta) dan penangkal petirnya (Rp 200 juta). (sumber sirup.lkpp.go.id).

Bertebaran di Playstore

Sebelum Tangsel Pay, aplikasi lain yang diluncurkan 2019 yakni di Dinas Bangunan dan Penataan Ruang yakni LAPOR BANG. Sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat dan pelaku usaha di kota ini mendapatkan informasi dan melaporkan pengaduan mengenai bangunan dan tata ruang.

Jika Anda sempat membuka playstore, disitu akan terlihat beberapa aplikasi milik pemkot ini. Antara lain Mata Tangsel, Tangsel Cmore City (direktori Kota Tangsel), Sisumaker (system surat masuk dan keluar), Tangsel messenger (aplikasi messenger).

Selain itu, ada Pagar (pantau harga pasar), Tangsel Belajar, SIDAP Tangsel (system informasi data pariwisata) dan Mata Tangsel, e-SPTTPD Kota Tangerang Selatan, iPBB Tangsel, ETA Tangsel, presensi Dalops DISHUB Tangsel, SiapH Tangsel (informasi produk hukum), Aplikasi Ruang Rapat Online, Sistem Administrasi Pertanahan Online (SERATON) juga diluncurkan, serta Sistem Aplikasi Pengelolaan Barang Milik Daerah (SIAP-BMD) dan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Online.

Aplikasi lainnya milik Tangsel yakni Sistem Pelaporan dan Penugasan Kota Tangerang Selatan (Siaran Tangsel). Sementara RSU Tangsel meluncurkan layanan kesehatan teknologi informasi berbasis android. Yakni Lewat Sistem Informasi Fasilitas Kesehatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SIFak-SPGDT).

Selain itu, ada juga aplikasi SIMPUS (system informasi Puskesmas), Simponie, SIPADU keren, Timetable, Simral, Tangseloka (disiapkan/ belanja jasa konsultasi anggaran Rp 100 juta). Sementara dalam waktu dekat ini, uang Rp 200 juta harus dikeluarkan untuk belanja jasa konsultasi updating software aplikasi pajak I dan II.

Aplikasi Tangsel Market juga diluncurkan. Terdiri dari Aplikasi Smart Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Aplikasi Smart PPID ini akan terintegrasi dengan aplikasi lainnya. Seperti, aplikasi SIARAN Tangsel dan Sistem Manajemen Jalan (Simanja).

Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel 21 Februari 2017 meluncurkan tiga aplikasi lingkungan berbasis android. Antara lain PePohoNan (Pemetaan Pohon dan Tanaman), FasKoJa (Fasilitas Koridor Jalan), dan LaLaBan (Laporan Lahan dan Bangunan).

 

Operator Sebagian Dibayar

Untuk pengendali atau operator beberapa aplikasi yang dimiliki, pemerintah setempat juga harus mengeluarkan biaya meski memiliki pegawai. Misalkan saja, untuk operator SISUMAKER biayanya Rp 42 juta setahun.

Begitu juga untuk operator Simponie, simral dan timetable yang masing-masing mendapatkan bayaran Rp 42 juta. Dana total Rp 168 juta harus dikeluarkan untuk masing-masing operator command centre (empat operator). (sumber sirup.lkpp.go.id).

“Kita ketahui bersama bahwa inovasi sudah menjadi kebutuhan Instansi pemerintah guna meningkatkan kinerja pelayanan kepada publik. Secara umum, salah satu agenda prioritas pemerintah kita, baik di pusat dan daerah adalah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas,” ujar Airin, dalam satu kesempatan.

 Tak Satupun Raih TOP 45 Pelayanan Publik 2019

Banyaknya aplikasi yang dimiliki Kota Tangsel ini, tak satupun dapat penghargaan dari Kemen PANRB seperti kota tetangga, Kota Tangerang yang meraih penghargaan lewat aplikasi Pelayanan Kunjungan Rumah Cageur Jasa.

Kota Ambon saja meraih penghargaan ini lewat – Ambon City of Music, atau Kota Cilegon – Kader Gegana Pedes (Gerakan Warga Binaan Peduli Kesehatan).

Menteri PAN RB, Syafruddin dalam sambutannya mengatakan, terdapat 3.156 inovasi terdaftar yang diusulkan oleh 331 instansi mulai dari Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, serta BUMN dan BUMD. Dari seluruh tahapan mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, penilaian proposal, dan selanjutnya ditetapkan 99 top inovasi oleh tim panel independen. “Saya mengapresiasi pemda dalam kerja keras melayani rakyat lahirnya inovasi untuk Indonesia maju,” ujarnya.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *