Belum Pernah Raih Piala Adipura, Ferry Batara Kritik Pemkot Bekasi

  • Whatsapp

Bekasi – Perhelatan apresiasi pemerintah pusat untuk daerah dengan kategori kota dengan pengelolaan lingkungan yang baik baru saja dilewati. Kota Bekasi sejak pertama kali berdiri dan akan genap 22 tahun pada 10 Maret 2019 mendatang, belum pernah menyabet penghargaan bergengsi dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Kota Bekasi pernah memperoleh penghargaan Adipura pada 2010 lalu, namun akhirnya dibatalkan karena ada indikasi penyuapan dalam ajang itu.

Baca Juga:

Menanggapi hal tersebut, Ferry Batara Caleg DPR RI Dapil Jabar VI mengkritik Pemkot Bekasi terkait pengelolaan lingkungan hidup di Kota Bekasi. Pihaknya menyayangkan kota metropolitan sekelas Bekasi belum pernah menyabet piala Adipura.

“Kota ini harusnya bisa jauh lebih bersih dan tertata dengan pengelolaan lingkungan yang ideal. Namun sayang sampai hari ini penghargaan bergengsi itu belum pernah mampir ke kota ini” ungkapnya, (18/1/2019).

Kepala Dinas Lingkungab Hidup, Jumhana Luthfi menjelaskan, ada beberapa indikator yang mengakibatkan Kota Bekasi gagal mendapat penghargaan Adipura. Pertama, minimnya kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi pengelolaan sampah, sehingga saat penilaian di sektor itu masih rendah.

Poin kedua, kata Jumhana Luthfi, tentang pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu, di Kecamatan Bantargebang, yang dianggap konvensional atau manual. Sistem yang diterapkan masih memakai urukan tanah, padahal seharusnya pemerintah daerah sudah melakukan industrialisasi sampah memakai konsep sanitary landfill.

Caleg muda dari PSI ini juga menambahkan dirinya akan fokus mengawal program pemerintah Kota Bekasi agar mampu menghadirkan tata kelola kota dan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk ditinggali. “Akan saya perjuangkan agar kota ini semakin nyaman dengan mendorong penyelenggara pemerintah dan mengajak masyarakat untuk mejaga kota dan lingkungan tetap bersih dan nyaman” tutupnya.

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *