Internasional

'Bendahara Hizbullah' Ditangkap di Kota Perbatasan Brasil

Aktivitas warga di area perbatasan antara kota Foz do Iguacu, Brasil, dengan Ciuadad del Este, Paraguay. (Foto: AFP)

Foz do Iguacu: Kepolisian Brasil menangkap seorang pria yang dituduh Amerika Serikat sebagai salah satu bendahara utama dari grup militan asal Lebanon, Hizbullah.

Seperti dikutip dari kantor berita BBC, Sabtu 22 September 2018, Assad Ahmad Barakat ditangkap di sebuah kota di Brasil dekat prbatasan Paraguay dan Argentina.

Dia diburu atas tuduhan pencurian identitas di Paraguay, setelah sempat dipenjara selama enam tahun karena menghindari pajak.

Sementara polisi di Argentina menuduh Barakat telah mencuci uang senilai USD10 juta atau setara Rp148 miliar untuk Hizbullah di sebuah kasino di Iguazu Falls.

Barakat, seorang warga Lebanon, ditangkap di kota Foz do Iguacu.

AS telah lama mengkhawatirkan mengenai aktivitas ekstremis komunitas Arab di sekitar Brasil, Paraguay dan Argentina. Kawasan tiga negara tersebut dikenal dengan nama Triple Frontier.

Triple Frontier memikat banyak turis dari seluruh dunia, yang ingin datang untuk menikmati keindahan beragam air terjun dan hutan tropis.

Namun area tersebut juga dikenal sebagai salah satu situs penyelundupan dan peredaran narkotika.

Pada 2006, Kementerian Keuangan AS menyebut Barakat sebagai "teroris global" dan memasukkan namanya dalam daftar buruan di Triple Frontier. AS menyebut Barakat membantu keuangan Hizbullah.

"Jaringan Assad Ahmad Barakat di Tri-Border Area adalah jalur arteri keuangan utama bagi Hizbullah di Lebanon," tutur Adam Szubin, yang pernah menduduki jabatan di Kemenkeu AS.

Hingga saat ini belum diketahui pasti apakah Barakat akan diekstradisi ke Paraguay atau menghadapi tuntutan di Brasil.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close