Daerah

Benny Martha Benyamin Tatung: Transmigrasi Perkuat Nasionalisme Indonesia

Lahat — Benny Martha Benyamin Tatung, Caleg DPR RI daerah pemilihan Sumatera Selatan (Sumsel) II, turut memperingati Hari Transmigrasi Nasional yang jatuh pada hari Rabu (12/12/2018) ini.

“Program transmigrasi yang telah berjalan sejak berpuluh-puluh tahun lalu sangat penting untuk kita peringati. Transmigrasi terbukti cukup efektif dalam mengatasi kepadatan penduduk,” ujar Benny saat dimintai keterangan, Rabu (12/12/2018).

Ditambahkan Benny, kebijakan transmigrasi juga mendorong penguatan nasionalisme Indonesia. Suku-suku yang tadinya hidup terpisah, mampu hidup rukun bahkan kawin-mawin dari generasi ke generasi.

“Pada titik inilah sebenarnya nasionalisme kita semakin kuat. Sekarang ini sudah banyak anak-anak terlahir dari orangtua yang berasal dari suku yang berbeda,” pungkas Caleg dari Partai Golkar tersebut.

Hari Transmigrasi Nasional diperingati setiap tanggal 12 Desember. Dalam sejarahnya, program perpindahan penduduk tersebut dimulai pada era Presiden Soekarno, yakni pada 12 Desember 1950.

Atas dasar itulah, tanggal 12 Desember 1950 ditetapkan sebagai Hari Bhakti Transmigrasi pada 23 November 1984. Ketentuan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Transmigrasi No. KEP. 264/MEN/1984.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close