Benny Wenda Semburkan Hoaks Soal Papua Sampai Ke Afrika

  • Whatsapp
Benny Wenda, Pemimpin Gerakan Pembebasan Papua Barat (United Liberation Movement for West Papua- ULMWP)
INDOPOLITIKA – Polri sebut pemimpin Gerakan Pembebasan Papua Barat (United Liberation Movement for West Papua- ULMWP) Benny Wenda (BW) tidak hanya menyebarkan berita bohong alias hoaks dan provokatif terkait Papua ke jejaringnya di kawasan Pasifik dan Eropa, tapi juga ke jejaringnya di Afrika.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, jejak digital penyebarannya telah terpantau oleh kepolisian. Berkenaan dengan proses hukum terhadap BW, Dedi menilai hal tersebut akan dilakukan lewat diplomasi. Dalam penanganan tersebut polri menyebut menjadi ranah Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga:

Berkenaan dengan proses hukum terhadap BW, Dedi menilai hal tersebut akan dilakukan lewat diplomasi. Dalam penanganan tersebut polri menyebut menjadi ranah Kementerian Luar Negeri.

“Saya rasa Kemenlu sudah melakukan langkah-langkah diplomatik, terkait statement yang bersangkutan,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (4/9).

Sebelumnya Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menyebut untuk memproses hukum BW harus menggunakan jalur internasional. Sebab, yang bersangkutan kini berstatus warga negara asing. Hal itu pun dinilai tidak mudah, lantaran harus menempuh proses hukum yang rumit.

“Tatkala mereka sudah bukan warga negara Indonesia dan juga sudah ada perlindungan suaka dari negara-negara lain, prosesnya kan tidak sesederhana yang kita pikirkan,” kata Wiranto.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *