Berapakah Gaji Menteri? Sampai Nadiem Makarim dan Wishnutama Rela Lepaskan Posisinya Sebagai CEO

  • Whatsapp
Sidang Kabinet Indonesia Maju. Foto:BPMI/Setpres

INDOPOLITIKA.COM- Presiden Jokowi telah melantik nama-nama menteri dan kepala lembaga negara yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, pada hari Rabu 23 Oktober 2019.

Sebagai pejabat negara, berapa sih gaji para menteri dan kepala lembaga negara tersebut?.  Sampai ada beberapa menteri rela melepaskan posisi sebelumnya demi sebuah jabatan menteri. Seperti, Wishnutama Pendiri Net TV, Nadiem Makarim pendiri Transportasi Online Gojek, dan Erick Thohir pemilik Mahaka Grup.

Baca Juga:

Merujuk pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2000, disebutkan jika menteri negara mendapatkan gaji pokok senilai Rp5,04 juta per bulan. Selain gaji pokok, para menteri akan mendapatkan tunjangan tiap bulannya sebesar Rp13.608.000,-. Dengan begitu gaji yang didapat oleh menteri dalam sebulannya mencapai Rp18.648.000,-.

Selain mendapatkan tunjangan, para menteri bakal mendapatkan dana taktis. Dana taktis atau dana operasional para menteri dan kepala lembaga negara ini sebesar Rp 120 juta hingga Rp150 juta. Dana ini diberikan secara Lumsum. Lumsum artinya uang akan dibayarkan sekaligus untuk semua biaya. Seperti biaya trasnportasi, uang makan, dan lain sebagainya.

Selain dapat keuntungan materil di atas, para menteri juga tentunya diberikan fasilitas yang sangat mewah. Fasilitas tersebut meliputi rumah dinas, kendaraan berupa mobil, serta jaminan kesehatan.

Fasiltas mobil yang diterima para menteri sejenis Toyota Crown 2.5 HV G- Executif Hybrid senilai Rp1,5 miliar. Mobil ini nantinya akan memanjakan para menteri dan kepala negara untuk kegiatan sehari-harinya. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *