Beredar Info Minyak ‘Asri’ Mengandung Babi, Ternyata Hoaks

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Beredar pesan berantai di beberapa Whatsapp Grup yang berisi mengenai peringatan tentang minyak goreng mengandung babi dengan merk “ASRI” yang banyak beredar di Nusantara.

Narasi yang dibuat menyebutkan darimana produk yang satu ini berasal lalu menjelaskan minyak goreng dari Malaysia itu memiliki kandungan minyak babi alias tidak halal untuk dikonsumsi.

Bacaan Lainnya

“klo di lihat memang bagus terkesima dg nama “ASRI” seakan akan Islami, padahal minyak goreng ini terbuat dari minyak babi…produksi LEONG HUP produk baru yg di beri nama “ASRI” dr malaka…adalah china terkaya yg punya peternakan BABI terbesar di Malaka…oleh karena itu tlg sebarkan / viralkan ke semua saudara” muslim di seluruh nusantara,”

Dikutip dari ChanelMuslim.com dari penelusuran di laman Bahagian Hab Halal, JAKIM yang diposting pada tanggal 23 Januari 2020 membantah isu minyak goreng babi tersebut.

Bidang Komunikasi Perusahaan Bagian Pengurusan Halal Jabatan Kemajuan Islam Malaysia mengatakan bahwa minyak goreng Asri bukan merupakan produk Leong Hup seperti yang diberitakan.

“Status halal minyak masak jenama Asri mula diragui oleh masyarakat pengguna di luar sana apabila terdapat tular yang mendakwa kononnya produk tersebut dikeluarkan oleh syarikat Leong Hup selaku peternak babi terbesar di Melaka,” tulis laman tersebut.

Produk tersebut merupakan keluaran Syarikat Asri Vegetable Oil Products Sdn Bhd.

“Untuk makluman, produk minyak masak jenama Asri bukan keluaran Syarikat Leong Hup sebagaimana yang ditularkan. Produk tersebut merupakan keluaran Syarikat Asri Vegetable Oil Products Sdn Bhd dan merupakan pemegang Sijil Pengesahan Halal Malaysia yang masih sah,” jelas laman resmi terkait halal pemerintah Malaysia tersebut.

Hal ini juga dipertegas oleh Bagian Pengurusan Halal, Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM). Lembaga yang berwenang memberikan lebel halal untuk produk-produk Negeri Jiran ini mengatakan kalau ASRI bukan produk Leong Hup, tapi berasal dari Syarikat Asri Vegetable Oil Products Sdn Bhd dan telah memiliki sertifikat halal. [rif]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *