Beredar Kabar, Jokowi Bakal Umumkan Reshuffle Kabinet Rabu, Hari Inikah?

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kabar perombakan kabinet kembali menguat. Sumber di Istana menyebut Presiden Joko Widodo akan mengumumkan reshuffle atau perombakan kabinet pada, Rabu (28/4/2021).

Hal ini sesuai kebiasaan Jokowi yang selama kepemimpinannya selalu mengumumkan reshuffle kabinet pada hari Rabu.

Berita Lainnya

Dari catatan redaksi, Jokowi telah lima kali melakukan reshuffle dan dilakukan pada Rabu. Di periode pertama, Jokowi melakukan empat kali reshuffle. Jilid I dilakukan Rabu Pon, 12 Agustus 2015.

Jilid II juga hari Rabu Pon, 27 Juli 2016. Sedangkan Jilid III dilakukan Rabu Pahing, 17 Januari 2018. Sedangkan jilid IV juga digelar pada Rabu Pahing, 15 Agustus 2018.

Di periode kedua, Jokowi sudah melakukan sekali reshuffle. Jilid I, reshuffle diumumkan Selasa, 22 Desember 2020. Namun, pelantikannya dilakukan Rabu Pon, 23 Desember 2020.

Isu Reshuffle kabinet menguat menyusul perubahan nomenklatur Kementerian. Presiden Jokowi akan melantik Menteri Investasi serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sejumlah kabar yang beredar, Presiden akan melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi. Sementara Nadiem Makarim tetap menjadi Menteri Pendidikan yang kemudian akan digabung dengan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Terkait apakah perombakan akan dilakukan hari Rabu. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menyebut, apa yang dilakukan Jokowi normal.

“Kan kebiasaan pimpinan itu menjadi ketentuan bagi rasa, ingatan. Kalau dilihat mengapa nabi suka keluar Senin kemudian kembali di Hari Kamis, itu karena perilaku ibadahnya. Mungkin pada Rabu itu juga merupakan perilaku ibadah,” jelas Ali dikutip dari RRI.co.id, Rabu (28/4/2021).

Ali mengatakan, kebiasaan itu dilakukan juga dapat dikatakan sebagai sebuah langkah kesenangan bagi seseorang.

Yang jelas, kata Ali, Reshuffle akan dilakukan, dan tergantung Presiden dan kesiapan penataan nomenklatur.

“Pertama, kesiapan pak Presiden, dan tentu soal penataan kelembagaan setelah nomenklaturnya berubah. Termasuk Kementerian Investasi sedang penyempurnaan penataan kelembagaan,” pungkasnya. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *