Beredar Surat Helmud Hontong Tolak Tambang Emas di Sangihe, Warganet Teringat Munir

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Meninggalnya Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong di pesawat perjalanan Denpasar-Makassar menyisalan banyak cerita. Helmud dikenal sebagai sosok yang menentang penambangan emas di Kepulauan Sangihe.

Beredar surat di media sosial yang membeberkan bagaimana Helmud menandatangani surat penolakan terkait beroperasinya penambangan emas di Kepulauan Sangihe.

Berita Lainnya

Helmud mengirimkan surat yang ditujukan kepada Kementerian Energi Sumber Daya Mineral tentang penolakan pertambangan itu. Helmud membeberkan berbagai alasan atas penolakannya pada aktivitas penambangan emas itu.

Diantara alasan penolakan adalah, dari pengalaman yang ada, aktivitas penambangan hanya menguntungkan korporasi dan tak menguntungkan rakyat. Bahkan setelah penambangan selesai, rakyat diwarisi kerusakan lingkungan.

Atas kebijakan Helmud itu dan peristiwa meninggalnya dia di pesawat membuat publik langsung teringat aktivis HAM Munir. Nama Munir pun trending di twitter. Munir diketahui meninggal dunia pada 2004 juga di atas pesawat. [rif]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *