Beri Karpet Merah ke Gibran, PDIP Dianggap Suburkan Politik Dinasti dan Melayani Oligarki

  • Whatsapp
Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka serius nyalon Walkot Surakarta.

INDOPOLITIKA.COM – Langkah mulus Gibran Rakabuming Raka menuju bursa pemilihan Wali Kota Solo dan kini mendapatkan dukungan penuh dari PDI Perjuangan disebut tak lepas dari pengaruh bapaknya, Presiden Joko Widodo.

Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu dinilai tengah menumbuh suburkan politik dinasti pasca Gibran Rakabuming Raka diusung menjadi calon wali kota Solo dalam Pilkada 2020.

Berita Lainnya

“PDIP akan dianggap sebagai Parpol yang melanggengkan dinasti politik,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah di Jakarta, Sabtu (18/7/2020).

Lebih jauh, Dedi memprediksi, peluang putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut sangat besar untuk menjadi Wali Kota Solo pada Pilkada 2020.

Menurutnya, banyak aspek yang membuat jalan Gibran dapat mulus. Diantaranya yakni dukungan sang ayah yang merupakan Presiden di republik ini.

“Jokowi seharusnya memberi tauladan, bukan malah ikut terlibat,” ujarnya.

Sementara itu, Sosiolog Yusdi Usman turut angkat bicara di laman Twitternya. Yusdi mempertanyakan, mengapa sikap elit-elit politik itu plin plan dan berubah-ubah.

“Karena mereka bekerja berdasarkan kepentingan pragmatis dan melayani oligarki, bukan berdasarkan nilai-nilai kebenaran dan melayani rakyat,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Yusdi mengaku angkat topi kepada elit-elit politik yang tetap bisa idealis ditengah pragmatisme politik saat ini. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *