Pemerintahan

Bertemu di Bogor, Presiden Jokowi dan PM Mahathir Bahas Penguatan Hubungan RI-Malaysia

Presiden Jokowi dan PM Mahathir Mohammad bersama Ibu Negara Iriana dan Dr. Siti Hasmah Mohd Ali melambaikan tangan saat berada di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Jumat (29/6). (Foto: Dinda Moerthi/Humas)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima  kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Malaysia Dr. Mahathir Mohamad beserta istrinya  Dr. Siti Hasmah Mohd Ali di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6) pagi.

Tiba sekitar pukul 10.00 WIB, Presiden Jokowi mengajak tamunya menuju lapangan upacara. Setelah diiringi 19 kali dentuman meriam dan lagu kebangsaan kedua negara,  Presiden Jokowi dan  PM Malaysia Dr. Mahathir Mohammad berjalan memeriksa pasukan dan bersalaman dengan anak-anak berpakaian adat yang menyambut mereka di lokasi upacara.

Usai mengisi buku tamu, Presiden Jokowi mengajak PM Malaysia Dr. Mahathir Mohammad menuju beranda Istana dan berbincang singkat, sebelum kemudian menanam pohon meranti, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Kedatangan Dr. Mahathir Mohamad ini merupakan kunjungan resmi pertamanya ke Indonesia pasca dirinya terpilih sebagai Perdana Menteri Malaysia untuk kedua kalinya sejak 10 Mei 2018, usai kemenangannya pada pemilihan yang lalu.

Menurut rencana, Presiden Jokowi dan PM Malaysia Mahathir Mohammad akan membahas upaya peguatan hubungan kedua negara, baik dari sisi ekonomi, sosial, maupun budaya, di antaranya perdagangan dan investasi, penempatan dan perlindungan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Malaysia, kerja sama dalam melawan diskriminasi terhadap kelapa sawit, juga penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara.

Kedua pemimpin dijadwalkan akan mengakhiri pertemuan dengan pernyataan pers bersama dan salat Jumat bersama di Masjid Baitussalam, Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (29/6) siang. (DID/ES)

Tags

Artikel Terkait

Close
Close