Besok Lebaran, Tol Cipali Sepi, Tapi Jalur Pantura Ramai Pemudik Bermotor

  • Whatsapp

INDOPOLITKA.COM – Ratusan pemudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah masih terus melintas di ruas Jalur Pantura Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (23/5/2020) malam. Arus kendaraan yang didominasi sepeda motor terus mengalir secara bergerombol dari arah Jakarta menuju Jawa tengah.

Meski pemerintah melarang mudik, namun sebagian masyarakat nekat mudik di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19. Iring-ringan kendaraan pemudik terus melintasi ruas Jalur Pantura Cirebon yang didominasi kendaraan roda dua.

Bacaan Lainnya

Bahkan pemudik terlihat secara bersamaan di sejumlah titik pertemuan arus, seperti terpantau di perempatan Plered Kabupaten Cirebon. Para pemudik memilih malam hari guna menghindari pemeriksaan petugas gabungan.

Hingga saat ini arus kendaraan di ruas Pantura Cirebon masih terpantau ramai di beberapa persimpangan. Sementara di Jalur Pantura Palimanan hingga Kedawung terpantau ramai lancar.

Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi di ruas Tol Cikopo Palimanan (Cipali) satu hari menjelang Lebaran jumlah kendaraan yang melintas terus menurun. Bahkan, dibandingkan masa Lebaran tahun lalu penurunan jumlah kendaraan mencapai 75%.

Dari pantauan pada Sabtu (23/5/2020) pagi atau satu hari jelang Lebaran, ruas tol cipali pun cenderung sangat lengang dari dua arah. Bahkan jika dibandingkan dengan hari biasa juga menurun hingga 50%. Kondisi ini sangat jauh berbeda dengan masa jelang Lebaran tahun tahun sebelumnya yang dipadati kendaraan mudik.

“Data terakhir pada H-2, hanya sekitar 18.000 kendaraan yang melintas, padahal pada hari normal bisa mencapai 40.000 kendaraan. Penurunan volume kendaraan jelang Lebaran tahun ini akibat ada pandemi virus Corona atau COVID-19 ada kebijakan seperti penerapan PSBB serta larangan mudik dari pemerintah,” kata Agung Prasetyo, Direktur Operasional PT LMS (Astra Tol Cipali).

Bahkan di Gerbang Tol Palimanan pada masa jelang Lebaran tahun ini sama sekali tak ada antrean atau penumpukan kendaraan. Kali ini hanya beberapa kendaraan saja yang melintas, baik yang keluar maupun yang masuk ruas Tol Cipali. Kendaraan yang melintas didominasi kendaraan angkutan barang. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *