Besok Pedaftaran CPNS Dibuka, Awas Penipuan

  • Whatsapp
Tes tertulis calon ASN (ilustrasi)

INDOPOLITIKA.COM – Senin (11/11/2019) Besok, pendaftaran lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka. Ada 68 Kementerian/Lembaga (K/L) dan 462 Pemerintah Daerah/Kota yang membuka penerimaan CPNS tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memperkirakan proses validasi oleh K/L maupun pemerintah daerah akan selesai malam ini, sehingga besok bisa diumumkan.

Bacaan Lainnya

“Diharapkan bisa selesai validasi malam ini dan diumumkan besok,” kata dia kepada wartawan di Jakarta, Minggu (10/11/2019).

Namun, pendaftaran tidak akan dilakukan secara serentak karena masih ada instansi yang melakukan revisi formasi CPNS. Nantinya instansi tersebut akan menyusul. “Yang belum selesai karena revisi formasi, pengumumannya akan menyusul,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengimbau kepada calon pelamar untuk berhati-hati dengan modus penipuan. Ia mengatakan, modus yang umumnya terjadi adalah penipuan pada simulasi seleksi CPNS.

“Modus-modusnya banyak spektrumnya nih, mulai dari penipuan tryout resmi CAT (Computer Assisted Test) BKN,” kata dia.

Biasanya oknum curang tersebut mengadakan simulasi ujian CPNS, baik seleksi kompetensi dasar (SKD) maupun seleksi kompetensi bidang (SKB) di hotel-hotel dan ujung-ujungnya meminta bayaran kepada peserta dengan mengatasnamakan BKN.

“Itu berbayar dan ngaku-ngaku ini resmi dan itu di hotel (diselenggarakan simulasinya),” sebutnya.

Biasanya mereka juga mengiming-imingi bahwa soal ujian dalam simulasi tersebut adalah yang diujikan pada seleksi tahun-tahun sebelumnya. Tujuannya untuk menarik minat masyarakat. Padahal soal ujian CPNS adalah rahasia negara sehingga tidak akan bocor ke publik.

“Ada lagi di dalam simulasi itu soal 2018, nggak mungkin. Soal SKD dan SKB itu rahasia negara, tidak akan pernah keluar. Bahkan kami pun tidak tahu,” jelasnya.

Sebagai informasi, setelah pendaftaran dibuka, verifikasi berkas digelar pada 13 November 2019. Kemudian pendaftaran ditutup pada 24 November 2019. Untuk penutupan verifikasi berakhir pada 12 Desember 2019. Setelah itu akan diumumkan hasil seleksi administrasi pada 16 Desember 2019.

Per tanggal 16-19 Desember 2019, ada yang namanya masa sanggah berkaitan dengan hasil pengumuman seleksi administrasi. Hasil sanggah akan diumumkan pada 26 Desember 2019.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *