Biang Keroknya Teridentifikasi! Pemkot Tangsel Targetkan Wilayah Reni Jaya Pamulang Harus Total Bebas Banjir

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan memantau kondisi Reni Jaya Pamulang/ist

INDOPOLITIKA.COM – Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan menegaskan bahwa wilayah Reni Jaya Pamulang harus bebas dari banjir.

Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan peninjauan sekaligus pemetaan titik banjir di wilayah Reni Jaya Pamulang, pada Kamis (8/6/2023).

“Hari ini (Kamis-Red.) saya bersama Lurah, Camat dan Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi melakukan pemetaan titik banjir serta penyebabnya di beberapa RW di Reni Jaya Pamulang,” ucap Pilar.

Alhasil teridentifikasi penyebab terjadinya banjir di wilayah tersebut karena penyempitan badan kali akibat adanya beberapa bangunan warga yang mengambil lebar sungai, sehingga menjadi mengecil dan terjadi bottle neck hingga terjadi luapan.

Termasuk berdasarkan keterangan salah satu ketua RW di wilayah Reni Jaya, kalau di wilayahnya jika terjadi banjir bisa mencapai satu meter selama dua sampai tiga hari.

Untuk itu, Pilar menegaskan akan melanjutkan penanganan banjir di wilayah tersebut.

“Jadi di masa pemerintahan Ibu Airin telah membangun turap dan pelebaran kali, setelah penanganan tersebut banjir drastis menyusut sekitar 30-40 cm dalam waktu satu sampai dua jam, dimana dulu banjir bisa berhari-hari lamanya,” terang Pilar.

Oleh karenanya, Pilar menegaskan akan menyempurnakan penanganan banjir di Reni Jaya hingga tuntas. Termasuk pembangunan konstruksi dan juga pelebaran kali.

“Secara menyeluruh akan dianggarkan di tahun ini, agar bisa dilaksanakan pada APBD 2024,” ujarnya.

Pilar meyakini dengan penyempurnaan penanganan banjir tersebut, tidak ada lagi genangan maupun banjir di setiap hujan lebat turun di wilayah Reni Jaya, Pamulang. [Adv]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *