Bicara FPI, Hendropriyono: Masa Sama FPI yang Kecil Pemerintah Tunduk

  • Whatsapp
Mantan Kepala BIN, AM Hendropriyono.

INDOPOLITIKA.COM – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono kembali buka suara soal FPI, terutama menyikapi polemik ijin dari pemerintah terhadap ormas tersebut diperlukan dikeluarkan atau tidak.

Menurut dia, pemerintah tidak perlu melakukan hal itu apalagi sampai melunak dan akhirnya mengeluarkan ijin untuk FPI. Jika sampai hal itu dilakukan, pemerintah sama halnya tunduk dengan FPI yang menurut dia sangat kecil.

Baca Juga:

“Saya tidak sepakat dengan tendensi kebijakan pemerintah yang melunak terhadap FPI. Jangan sampai gara-gara takut pada FPI yang jumlahnya Cuma 200 ribu, pemerintah malah mengorbankan rakyat yang jumlahnya 267 juta. Tidak ada jaminan bahwa jika pemerintah merangkul FPI lalu FPI bisa berlaku sesuai dengan koridor yang ditentukan pemerintah,” tegas Hendropriyono, mengutip wawancaranya dengan senayanpost, Jumat, (6/12/2019).

Jawaban tersebut dia lontarkan saat ditanya pendapatnya terkait pemerintah dalam hal ini menteri Agama yang sudah merekomendasikan agar FPI mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar di Kesbangpol Kemendagri sebagai Ormas?

Menurut dia, soal kewenangan Menteri Agama dalam persoalan SKT ini, didalam UU ormas tahun 2013 dan Perubahannya tahun 2017 tidak ada kewenangan Menteri Agama menafsirkan ketentuan UU Ormas. Yang berwenang hanya Menteri Dalam Negeri dengan wewenang mencabut Surat Terdaftar. “Menteri Hukum dan HAM berwenang mencabut status badan hukum,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar