Bicara Soal Ancaman Keamanan, Panglima TNI: Medan Tiba-tiba Mak Bleng!

  • Whatsapp
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

INDOPOLITIKA.COM- Di hadapan para pimpinan daerah, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kupas soal stabilitas keamanan nasional. Menurut Hadi, di era revolusi industri 4.0 saat ini ancaman keamanan berkembang dengan mudah.

Berdasarkan sifatnya, menurut Marsekal Hadi, ancaman terbagi menjadi tiga. Pertama adalah eskalatif, tiba-tiba muncul menjadi ancaman begitu besar.

Muat Lebih

“Yang kedua adalah mix bergabung terjadi dua dan tiga. Yang ketiga adalah tempo singkat,” ucap Hadi saat berbicara dalam Rakornas Forkopimda 2019 di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu (13/11/2019).

Hadi menyinggung bom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan. Hadi tidak membayangkan bom bunuh itu dapat terjadi. “Tiba-tiba bleng di Medan, tiba-tiba terjadi bom bunuh diri. Ini adalah satu sifat dari ancaman tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Hadi mencontohkan ancaman yang terjadi secara bersamaan beberapa waktu lalu pasca Pemilu 2019. Saat itu, kata Hadi, aparat sedang diuji terkait pelaksanaan pengamanan di Ibukota yang saat itu ramai unjuk rasa. Saat itu juga Papua bergejolak dan terjadi juga kebakaran hutan dan lahan di beberapa provinsi.

“Artinya apa? Ancaman itu memang dicampur-campur dan dalam waktu tempo yang cepat. Bagaimana caranya kita bisa menjaga stabilitas dari ancaman tersebut? Adalah kerja sama, sinegritas, TNI-Polri, termasuk Forkopimda,” tandasnya.[sgh}

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *