Bikin Heboh Pria Telanjang Nongol di Google Maps ‘Aceh’

  • Whatsapp
Tangkapan Layar Google Maps pencarian Banda Aceh

INDOPOLITIKA.COM – Warganet dihebohkan dengan munculnya pria bertelanjang di google map. Pria  itu tampak berswafoto di pinggir pantai dan tidak mengenakan pakaian, dia hanya mengenakan topi. Di tangan pria tersebut tertulis “protest sharia law” atau protes terhadap penerapan syariat Islam.

Lelaki bugil itu muncul di google map jika diketik nama Kota Banda Aceh dan Aceh. Secara otomatis foto tak senonoh itu muncul di layanan street view.

Baca Juga:

“Dinas Kominfo dan Statistik telah melaporkan konten negatif tersebut melalui situs aduankonten.id kementerian kominfo. Secara paralel, Pemko Banda Aceh melalui Diskominfotik juga sudah melakukan report konten ke Google Indonesia,” kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dalam keterangan kepada wartawan, Senin (4/11/2019).

Aminullah mengatakan Google bersifat Open Source sehingga siapapun dapat menyumbang konten jenis apapun ke semua layanan milik perusahaan raksasa tersebut. Meski demikian, kata Aminullah, Google juga memberikan layanan aduan jika konten yang dimuat tidak sesuai dengan norma ataupun aturan yang berlaku.

Kemunculan foto pria telanjang tersebut selain ramai diperbincangkan warganet, juga sebagian pengguna media sosial yang mahir soal teknologi informasi berinisiatif membikin petunjuk untuk melaporkan aksi yang pantas dilakukan pria tersebut.

Setelah ramai diperbincangkan di media sosial dan menuai aksi protes dari warganet di Aceh, sekira pukul 10.10 WIB foto pria telanjang tersebut hilang atau tidak muncul lagi dari Google Maps saat menuliskan Aceh dan Banda Aceh.

Sejauh ini belum ada klarifikasi secara resmi yang disampaikan oleh pihak google selaku penyedia layanan. Di sisi lain pihak Pemerintah Kota Banda Aceh dan Pemerintah Aceh sudah menyatakan sikap protes dan kecaman terhadap google. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *