Internasional

Bintang Kriket akan Dilantik sebagai PM Pakistan

Imran Khan di gedung parlemen di Islamabad, Pakistan, 17 Agustus 2018. (Foto: AFP/NA/Handout)

Islamabad: Pahlawan Piala Dunia olahraga kriket asal Pakistan, Imran Khan, akan dilantik sebagai Perdana Menteri pada Sabtu 18 Agustus 2018. Dalam pidatonya di parlemen, Imran menjanjian era baru.

Imran memenangkan mayoritas suara anggota parlemen dalam pada Jumat kemarin, tiga pekan setelah pemilihan umum Pakistan yang dinodai klaim adanya campur tangan militer dan kecurangan penghitungan suara.

Mengenakan rompi serta pakaian tradisional shalwar kameez putih sembari tersenyum lebar, Imran memegang tasbih. Ia terlihat menyeka air mata saat jumlah suara diumumkan.

Upacara pelantikannya — yang dijadwalkan Sabtu ini — akan menandai akhir dari dekade kepemimpinan suputar dua partai, yang beberapa kali diselingi periode kekuasaan militer.

Pemilu 25 Juli dicap "paling kotor dalam sejarah Pakistan," dengan munculnya tuduhan pihak militer berupaya memuluskan langkah Imran.

Militer Pakistan dan juga Imran menepis klaim tersebut.

Pernah menjadi kapten Pakistan dalam meraih kemenangan Piala Dunia Kriket 1992, Imran gagal meraih suara mayoritas warga. Hal ini memaksanya bermitra dengan sejumlah partai kecil dan independen untuk membentuk pemerintahan.

Imran beserta partainya Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) bertekad memberantas korupsi sembari membangun "negara Islam yang sejahtera."

"Pertama-tama, kami akan memulai akuntabilitas yang ketat. Saya berjanji kepada Allah, bahwa setiap orang yang menjarah negara ini harus bertanggung jawab," katanya dalam sebuah pidato, seperti dilansir dari AFP, Sabtu 18 Agustus 2018.

Perekonomian Pakistan saat ini sedang tertekan. Muncul spekulasi negara itu harus mencari dana talangan dari Dana Moneter Internasional (IMF).

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close