Black Out, Ada yang Potong Kabel Jaringan Telkomsel di Papua

  • Whatsapp
Menteri Rudiantara

INDOPOLITIKA – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak membatasi akses telekomunikasi telepon seluler (layanan suara) dan SMS di Papua dan Papua Barat pada Kamis (29/8). Sejauh ini, Kominfo hanya membatasi akses pada layanan data atau internet seluler di Papua dan Papua Barat.

Dia menjelaskan, jaringan telekomunikasi telepon seluler dan SMS di Papua terganggu karena ada pihak yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura.

Baca Juga:

“Telkomsel sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara & SMS bisa segera difungsikan kembali. Kami juga sudah koordinasi dengan POLRI/TNI untuk membantu pengamanan perbaikan di ruang terbuka,” kata Rudiantara dalam pernyataan yang diterima Indopolitika.

Sudah beberapa hari terakhir, Kominfo mengambil keputusan untuk memblokir akses internet di Papua dan Papua Barat sejak 21 Agustus 2019. Langkah ini diambil sebagai tindakan pencegahan penyebaran konten-konten provokatif. Ini adalah buntut kerusuhan yang pecah di sejumlah titik di Papua dan Papua Barat pada 19 Agustus 2019.

Kominfo tidak memastikan sampai kapan pemblokiran akses internet berlangsung. Semua menunggu sampai kondisi di sana kondusif dan kembali normal.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *