Blusukan ke Stasiun Manggarai, Menhub Budi Karya Bagikan Masker ke Penumpang dan Petugas

  • Whatsapp
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (pakai rompi/duduk), menyapa penumpang KRL Jabodetabek, saat blusukan ke Stasiun Manggarai, Jumat (14/5/2021).

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pergerakan penumpang KRL di Stasiun Manggarai, pada Jumat (14/5/2021) tercatat diangka 200 ribuan. Angka tersebut jauh menurun dibandingkan masa normal sebelum berlakunya pengetatan pengendalian transportasi (pada 13 April 2021). Dimana saat itu, rata-rata harian penumpang tercatat 368.805 orang.

Di Stasiun Manggarai, Budi Karya juga membagi-bagikan masker kepada penumpang dan petugas. Turut mendampingi Menhub Budi di Stasiun Manggarai yakni Dirjen Perkeretaapian dan jajaran PT KAI dan PT KCI.

Berita Lainnya

Saat mengecek transportasi atau blusukan di stasiun ini, Budi Karya memperkirakan pergerakan penumpang KRL pada Sabtu dan Minggu (15-16/5/2021) akan meningkat hingga 300-400 ribu penumpang KRL perharinya.

“Untuk mengantisipasi kepadatan itu, Saya meminta kepada PT KCI untuk benar-benar mengawal protokol kesehatan dan pembatasan kapasitas maksimal penumpang. Petugas perlu ditambah dan lakukan dengan profesional,” kata Menhub.

Menhub juga meminta untuk mengintensifkan pengecekan kesehatan secara acak (random) menggunakan rapid tes antigen di sejumlah stasiun keberangkatan yang berpotensi mengalami penumpukan penumpang.

Untuk mengendalikan pergerakan transportasi di kawasan aglomerasi, Menhub meminta kepada Pemerintah Daerah di wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek, Medan, Semarang, Surabaya, Bandung dan Makasar untuk melakukan pemetaan lokasi yang kemungkinan terjadi kepadatan untuk mencegah potensi terjadi penyebaran Covid-19.

“Pergerakan transportasi di aglomerasi memang diperbolehkan, tetapi protokol kesehatan harus tetap dijaga dan jangan sampai terjadi kerumunan yang tidak terkendali,” ucap Menhub.

Vice President Corporate Secretary PT KCI Anne Purba mengatakan pihaknya berjanji akan melakukan perbaikan pengaturan penumpang seperti yang diperintahkan Menhub. “Kami akan berkoordinasi dengan PT KAI dengan meningkatkan pengaturan petugas untuk memperketat pengawasan sehingga jalankan prokes,” kata Anne.

Menurut Anne, saat liburan ini kriteria penumpang adalah penumpang musiman yang tidak terbiasa menjalankan prokes. PT KCI menilai sejumlah stasiun akan menjadi perhatian karena berpotensi terjadi lonjakan penumpang, yaitu Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Bogor, serta Stasiun Bekasi. [ind]

 

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *